Bahaya Mengkonsumsi Ciki Ngebul

Bahaya mengkonsumsi ciki ngebul – Jajanan ice smoke ataupun es ciki ngebul lagi digandrungi oleh kanak- kanak selaku santapan ringan. Tetapi, bunda harus lebih waspada dengan dampak buruk yang akan terjadi bila anak mengkonsumsi es ciki ngebul. Sebab bisa membahayakan kesehatan anak-anak.”
Bahaya Ice Smoke Atau Ciki Ngebul

Ice smoke ataupun es ciki ngebul jadi jajanan yang akhir akhir ini kembali digandrungi oleh kalangan anak-anak. Tidak hanya memiliki warna yang bermacam- macam, jenis jajanan ini juga terbuat dengan memakai kombinasi nitrogen cair. Ketika dimasukkan ke mulut, es ciki ngebul ini tidak cuma terasa dingin, namun sensasi mulut yang menghasilkan asap menjadi daya Tarik tersendiri.

Tapi, belum lama, jajanan unik ini memakan korban. Seseorang anak berumur 5 tahun kedapatan terkena luka bakar sebanyak 30 persen pada badannya, sehabis membeli jajanan kekinian ini. Benarkah nitrogen cair yang digunakan membuat es ciki ngebul ini memiliki kandungan bahan yang sangat beresiko untuk yang mengkonsumsinya?

Nitrogen Cair Tidak Menghasilkan Api

Kenyataannya, para pakar berkata kalau nitrogen cair ini sebenarnya menjadi zat yang tidak menghasilkan api. ketika dimasukkan pada temperatur suhu kamar, nitrogen yang memiliki rumus kimia N2 akan berubah menjadi gas. Ketika tekanannya dinaikkan. Dan wujudnya juga akan berganti menjadi cair. Nitrogen sendiri mempunyai titik beku yang terletak jauh di dasar titik beku air. Jadi, bisa dibayangkan gimana dinginnya gas ini.

Sebagai pengetahuan, bila zat ini terletak pada suhu yang begitu dingin, kontak langsung dengan organ manusia sangat dilarang. Alasannya, zat satu ini dapat menimbulkan terbentuknya cold burn ataupun terbakar sebab suhu paparan yang sangat dingin. Hati-hati suhu dingin yang ekstrim tersebut tidak bisa ditoleransi oleh kulit manusia, walaupun tidak jadi gas yang mudah dibakar. tetapi, keadaan yang dirasakan oleh anak tersebut merupakan cold burn.

Baca Juga: Parti peserta pemilu

Tidak Direkomendasikan buat Dikonsumsi

Sejujurnya, es ciki ngebul ataupun ice smoke ini bukan jadi hal baru. Tercatat, Bpom ( Badan.Pengawas Obat Dan Makanan) serta FDA dari amerika serikat sudah menghimbau kepada masyarakat supaya tidak komsumsi produk jajanan ini pada tahun 2018.

Bukan tanpa alibi, komsumsi nitrogen yang telah dicairkan dikatakan bisa menimbulkan kerongkongan terasa semacam terbakar, sebab suhu yang teramat dingin yang langsung bersentuhan dengan badan badan. Apalagi, tidak sedikit permasalahan terparah yang menyatakan kalau ice smoke bisa memicu kehancuran organ tubuh.

Tidak hanya itu, FDA juga menghimbau kalau pemakaian ice smoke ataupun asap yang berasal dari nitrogen cair yang kurang pas bisa sangat membahayakan nyawa. Penderita asma apalagi disarankan supaya tidak terlalu dekat dengan asap yang di keluarkan, apalagi mengkomsumsi jajanan es krim yang terbuat dari nitrogen cair ini. Karena, menghisap gas uap dari nitrogen dapat membuat asma yang diidapnya menjadi memburuk.

Upaya Pencegahan Bahaya Ciki Ngebul

Memang benar kalau nitrogen cair merupakan senyawa kimia yang tidak memiliki racun ataupun tidak beresiko serta tidak mudah terbakar. Tapi, zat ini bisa memicu terbentuknya kehancuran pada kulit, apalagi sampai kehancuran organ dalam yang kurang baik apabila tidak memperoleh penindakan yang pas.
Maka dari itu, sebagai orang tua kita harus mengawasi anak-anak kita supaya tidak sembarangan jajan. Ini semua kita lakukan demi kesehatan anak-anak kita.

Jadi mulai saat ini jauhi komsumsi jajanan ice smoke, ya! Lebih baik kalian beralih ke jajanan yang menyehatkan.
Itulah tadi penjelasan singkat mengenai bahaya mengkonsumsi ciki ngebul atau ice smoke.
Semoga bermanfaat

About admin

Check Also

sakit ginjal

Pencegahan Sakit Ginjal

Pencegahan Sakit Ginjal