crossorigin="anonymous">

berapa gaji karyawan Bea Cukai dan Fasilitas Lainnya: Perbedaan Gaji Antara Daerah dan Tunjangan yang Diterima

Pengenalan

Bea Cukai adalah lembaga pemerintah di Indonesia yang bertugas mengawasi kegiatan perdagangan internasional dan memungut bea masuk serta cukai. Dalam menjalankan pekerjaannya, Bea Cukai membutuhkan banyak karyawan yang terampil dan profesional. Artikel berikut akan membahas berapa gaji karyawan bea cukai.

Baca Juga: Berapa Standart Gaji Di Indonesia

Berapa Gaji Karyawan Bea Cukai

Berdasarkan data Kementerian Keuangan Republik Indonesia, gaji karyawan Bea Cukai dibedakan menjadi beberapa kategori, yaitu:

  1. Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)
  2. Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  3. Pegawai Tidak Tetap (PTT)

Untuk PPPK dan PNS, gaji yang diterima ditentukan oleh golongan dan pangkat. Ada 4 golongan di Bea Cukai, yaitu golongan I sampai IV. Sementara itu, pangkat yang ada di Bea Cukai antara lain adalah:

  1. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)
  2. Bendahara Pengeluaran (BPP)
  3. Pengguna Anggaran (PA)
  4. Pengurus Barang Milik Negara (PBMN)

Baca Juga: Berapa Gaji Teller Bank di Indonesia? Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Besarannya

Gaji PPPK dan PNS di Bea Cukai berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 22 juta per bulan, tergantung pada golongan dan pangkat. Sebagai contoh, gaji PNS golongan IIIA dengan pangkat PPK di Bea Cukai adalah sekitar Rp 8,4 juta per bulan. Sementara itu, gaji PNS golongan IVB dengan pangkat PBMN di Bea Cukai sekitar Rp 22 juta per bulan.

Bagi PTT, gaji yang diterima lebih rendah dibandingkan PPPK dan PNS. Gaji PTT di Bea Cukai berkisar antara Rp 1,5 juta hingga Rp 7 juta per bulan, tergantung pada posisi dan pengalaman kerja. Sebagai contoh, gaji PTT dengan posisi Pegawai Administrasi di Bea Cukai adalah sekitar Rp 3,2 juta per bulan.

Baca Juga: Berapa Gaji CS Telkomsel? Ini Dia Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

Tunjangan dan Fasilitas Lainnya

Selain gaji pokok, karyawan Bea Cukai juga menerima tunjangan dan fasilitas lainnya. Tunjangan yang diberikan antara lain:

  1. Tunjangan Kinerja
  2. Tunjangan Hari Raya
  3. Tunjangan Transportasi
  4. Tunjangan Pendidikan

Tunjangan kinerja yang diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja kinerja karyawan. Besar tunjangan kinerja di Bea Cukai berkisar antara 25% hingga 50% dari gaji pokok. Sementara itu, tunjangan hari raya diberikan sebagai bentuk dukungan bagi karyawan yang merayakan hari raya. Tunjangan hari raya di Bea Cukai senilai satu bulan gaji pokok.

Selain tunjangan, karyawan Bea Cukai juga mendapatkan fasilitas lainnya seperti jaminan kesehatan, asuransi jiwa, dan dana pensiun. Karyawan Bea Cukai juga mendapatkan fasilitas perjalanan dinas, baik dalam maupun luar negeri, serta fasilitas penginapan dan makan selama perjalanan dinas.

Baca Juga: Berapa Gaji Montir Toyota serta Tantangan Menjadi Montir Toyota

Perbedaan Gaji Antara Daerah

Meskipun gaji karyawan Bea Cukai telah diatur oleh pemerintah, namun terdapat perbedaan gaji antar daerah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tingkat inflasi dan biaya hidup yang berbeda di setiap daerah.

Misalnya gaji karyawan Bea Cukai di daerah Jakarta dan sekitarnya biasanya lebih tinggi dibandingkan daerah lain. Hal ini disebabkan oleh biaya hidup yang lebih tinggi di Jakarta.

Baca Juga: Berapa Gaji Montir AHASS dan Tantangan dalam Pekerjaannya

Kesimpulan

Gaji karyawan Bea Cukai bervariasi tergantung pada posisi dan pengalaman kerja. Gaji PPPK dan PNS di Bea Cukai berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 22 juta per bulan, tergantung pada golongan dan pangkat. Sementara itu, gaji PTT di Bea Cukai berkisar antara Rp 1,5 juta hingga Rp 7 juta per bulan, tergantung pada posisi dan pengalaman kerja. Selain gaji pokok, karyawan Bea Cukai juga menerima tunjangan dan fasilitas lainnya, seperti tunjangan kinerja, tunjangan hari raya, dan fasilitas dinas perjalanan. Meskipun gaji telah diatur oleh pemerintah, terdapat perbedaan gaji antar daerah karena faktor biaya hidup yang berbeda di setiap daerah. Semua fasilitas dan tunjangan yang diberikan oleh Bea Cukai bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan dan meningkatkan kinerja dalam menjalankan tugas sebagai pengawas kegiatan perdagangan internasional.

About admin

Check Also

sejarah perjalanan karir Mahfud MD

Sejarah Perjalanan Karir Mahfud MD: Jejak Gemilang dari Akar Rumput Menuju Puncak Kepemimpinan

Mahfud MD adalah sosok yang tidak asing lagi di dunia politik Indonesia. Dengan karir yang …