Internet Banking dan Mobile Banking Apakah Sama?

Internet banking dan mobile banking, apakah teman-teman sudah faham? Ini sering membuat jadi bingung apakah keduaanya ini sama atau memang beda? Karena keduanya sama sama menggunakan jaringan internet untuk melakukan transaksi.

Simak baik baik penjelasan berikut

1.Internet Banking

Kebanyakan orang menyebutnya dengan e-banking, merupakan sebuah layanan untuk melakukan transaksi keuangan di web resmi bank. Situs web hanya bisa diakses oleh nasabah dengan jaringan internet dan sudah medaftar sebelumnya untuk bisa mengakses layanan ini.

Menu

  1. Transfer
  2. Informasi tabungan atau giro
  3. Pembayaran tagihan
  4. kurs dan suku bunga
  5. E-commerce
  6. Mutasi rekening
  7. Bantuan

 

Pengunaan

Sebelum kalian bertransaksi lewat internet banking, Kalian harus mengaktifkan token dahulu di bank penyedia. Token merupakan sebuah alat yang mirip kalkulator tetapi bentuknya kecil. Alat ini berfungsi untuk memasukkan pin sebelum kalian transaksi, ini bisa mencegah penipuan dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Tanpa token kalian tidak bisa melakukan transaksi, baik itu transfer maupun jual beli. kalian hanya bisa mengecek saldo tabungan. Jadi, kalian harus selalu membawa token kemanapun kalian pergi, supaya kalian tetap bisa melakukan transaksi.

Cara menggunakan token ini biasanya bank yang bersangkutan sudah memiliki aturan-aturan yang harus dipatuhi. Sesudah input PIN, maka alat ini akan muncul kode. Sebelum melakukan transaksi kalian masukkan pin yang muncul tadi di kolom yang tersedia.

Perlu diwaspadai! Setiap kalian akan melakukan transaksi lewat internet banking, kalian pastikan URL situs web yang kalian tuju sudah benar. Sesuai dengan situs resmi bank kalian. Karena banyak sekali situs tautan phising yang muncul di internet dan menyerupai bank untuk melakukan penipuan kepada nasabah.

 

 

Mobile Banking

Mobile banking ataupun internet banking fiturnya hamper sama. keduanya sama sama menggunakan jaringan internet untuk melakukan transaksinya.

Lalu, apa bedanya? internet banking diakses lewat browser, sedangkan mobile banking pengoperasianya hanya melalui aplikasi yang ada di ponsel. Jadi mobile banking tidak menggunakan token untuk melakukan transaksi.

Selain itu cara mendaftarnya juga berbeda pun. Kalian bisa mendaftarnya secara online.Jadi kalian tidak perlu antri di kantor untuk membuka mobile banking. Karena semua persyaratannya di verifikasi secara online

Untuk verifikasi terakhir nanti kita akan dihubungi lewat video call, untuk memastikan data dan orang yang akan membuka mobile banking apakah sama atau tidak.

Mobile Banking

  1. Informasi rekening
  2. Transfer
  3. Tagihan
  4. Belanja
  5. Cardless
  6. Bantuan

 

Penggunaan

 

Berbeda dengan internet banking, mobile banking tidak menggunakan token. Jadi lebih gampang dan lebih simple.

Kalian tinggal buka aplikasi mobile banking di hp kalian. Setelah itu masukkan Password kalian yang sudah terdaftar. Lalu pilih menu transaksi yang akan kalian lakukan, missal info saldo,transfer, pembayaran pulsa, token listrik, jual beli, ataupun transaksi lainnya. Setelah semuanya diisi, terakhir kalian akan diminta memasukkan pin yang sudah kalian buat sebelumnya.

Itulah bedanya internet banking dan mobile banking yang wajib kalian ketahui sebagai pelaku bisnis. Cukup mudah bukan?

Semoga pembahasan ini bermanfaat.

Salam sukses selalu.

About admin

Check Also

aplikasi penghasil uang

Ini Dia Aplikasi Penghasil Uang

Ini Dia Aplikasi Penghasil Uang, Seiring berkembangnya teknologi digital saat ini, banyak sekali celah untuk …