Mengenal Motor Listrik

Apa itu motor listrik

Motor listrik adalah suatu alat yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Perangkat yang bekerja secara terbalik untuk mengubah energi mekanik menjadi energi generator atau generator. Motor yang digunakan pada peralatan rumah tangga seperti kipas angin mesin cuci pompa air dan penyedot debu. dan banyak lagi.

Pada umumya Motor listrik yang   digunakan di industri adalah motor listrik asinkron dengan dua standar global yaitu IEC dan NEMA. Tetapi motor induksi IEC dalam metrik (milimeter) dan motor listrik NEMA dalam imperial (inci) memiliki satuan daya horsepower (hp) dan kilowatt (kW).

Motor IEC dibagi menjadi EFF1 EFF2 dan EFF3 sesuai dengan standar efisiensi Uni Eropa. EFF1 adalah tenaga listrik yang paling efektif dan menggunakan listrik paling sedikit sedangkan EFF3 tidak dapat digunakan di lingkungan UE karena tidak efisien bahan bakar di pembangkit listrik secara otomatis menghasilkan emisi karbon yang besar.

Standarisasi

Standar IEC yang berlaku adalah IEC 34-1 yang merupakan standar yang mengatur peralatan listrik berputar. Ada banyak produsen tenaga listrik tetapi hanya sedikit yang langsung mengikuti IEC 34-1 Directive dan juga mengikuti European Union Efficiency Level Directive.

Banyak produsen tidak mematuhi standar IEC dan UE untuk membuat produk mereka lebih murah dan menjual lebih banyak. Banyak negara berkembang telah menjadi pasar untuk produk ini yang meningkatkan tagihan listrik setiap tahun yang menyebabkan kerugian finansial bagi pengguna dalam jangka panjang.

Organisasi yang mengatur dan menjamin tingkat efisiensi ini adalah CEMEP sebuah konsorsium yang didirikan oleh produsen motor di Eropa dengan tujuan untuk melindungi lingkungan dengan mengurangi polusi karbon di dunia karena banyak energi yang terbuang dalam penggunaan listrik.

pemakaian, dalam sebuah perusahaan rata-rata listrik untuk motor adalah sekitar 65-70% dari total biaya listrik, jadi menggunakan motor listrik yang efisien akan mengurangi biaya  operasional  produksi, sehingga dapat meningkatkan daya saing produk, baru dengan kenaikan tarif dasar listrik setiap tahun , maka gunakan tenaga listrik EFF1 sudah menjadi kewajiban

Cara kerja motor listrik

Cara kerjanya yaitu energi listrik diubah menjadi energi mekanik. Perubahan ini dicapai dengan mengubah energi listrik menjadi magnet yang disebut elektromagnet. Rangsangan dengan nama yang sama diketahui tolak-menolak dan kutub-kutub yang disebut berlawanan menarik. Jadi jika Anda meletakkan satu magnet pada poros yang berputar dan yang lainnya dalam posisi tetap Anda bisa mendapatkan gerakan.

Sejarah motor listrik fase pertama

Penemuan baterai (Alessandro Volta 1800) dan pembangkitan medan magnet oleh arus listrik (Hans Christian rsted 1820) dan elektromagnet (William Sturgeon 1825) meletakkan dasar untuk produksi motorlistrik. Saat itu masih terbuka apakah motor bertenaga listrik harus motor putar atau motor bolak-balik jika batang hisap disimulasikan mesin uap.

Banyak penemu di seluruh dunia bekerja secara paralel dengan pekerjaan ini. Ini adalah mode masalah. Fenomena baru ditemukan hampir setiap hari. Inovasi di bidang ilmu kelistrikan dan aplikasinya ada di udara.

kadang-kadang rekan pembuat konten tidak mengetahui satu sama lain dan mengembangkan solusi serupa secara terpisah. Berikut ini adalah upaya untuk menyajikan gambaran yang komprehensif dan adil.

Alat berputar pertama kali yang digerakkan oleh elektro magnetisme pertama dibuat oleh seorang pria Inggris Peter Barlow pada tahun 1822 (Barlow’s Wheel).

Sejarah motor listrik fase kedua

Pada bulan Mei 1834 Moritz Jacobi seorang penduduk asli Prusia yang berbahasa Jerman menemukan mesin nyata setelah eksperimen yang kurang lebih berhasil dengan perangkat berputar dan bolak-balik yang relatif lemah.Motor listrik yang sebenarnya menghasilkan output mekanis yang luar biasa. Sepeda menetapkan rekor dunia ditetapkan empat tahun kemudian oleh Jacoby sendiri pada bulan September 1838. Mesin kedua memiliki tenaga yang untuk mendorong perahu dengan 14 orang di seberang sungai. Baru pada tahun 1839/40 banyak pengembang di seluruh dunia mulai membuat sepeda motor serupa dan menjadi lebih baik.

Pada tahun 1833 Jerman Heinrich Friedrich Emil Lenz menerbitkan sebuah artikel tentang hukum timbal balik elektromagnetik dan fenomena tipe menjelaskan reversibilitas generator dan motor. Pada tahun 1838 ia merinci eksperimennya dengan Generator Fairey dan mengembangkannya menjadi mesin.

Tahun 1835dua orang Belanda Sibrandus Stratingh dan Christopher Becker membangun tenaga listrik yang menggerakkan mobil mainan kecil. Ini adalah penggunaan praktis pertama dari motor ini. Pada bulan Februari 1837 paten pertama untuk motor ini diberikan kepada seorang Amerika Thomas Davenport.

Sejarah motor listrik fase ketiga

Namun semua perkembangan awal oleh Jacobi Menyatakan Davenport dan lain-lain tidak mengarah ke mesin seperti yang sekarang dikenal.

Motor DC tidak dikembangkan dari mesin ini tetapi dari pengembangan generator (dinamometer). Werner Siemens meletakkan dasar pada tahun 1872 dengan drum pada tahun 1856. William Ritchie dan Hippolyte Pixie menemukan komutator pada tahun 1832 dan yang paling penting D-Anchor ganda pada tahun 1856 dengan chief engineernya Friedrich Hafner-Altenneck. Motor DC masih mendominasi rentang daya rendah (di bawah 1 kW) dan tegangan rendah (di bawah 60 V).

Antara tahun 1885 dan 1889 ditemukan sistem kelistrikan tiga fasa yang menjadi dasar transmisi modern. Penemu sistem tenaga tiga fasa tidak dapat disebutkan. Nama-nama yang kurang lebih terkait erat dengan penemuan motor listrik diketahui (Bradley Drive Dolbrowski Ferrari Hasselvander Tesla Vanstrom).

About admin

Check Also

Fungsi Stabilizer Mobil dan Cara Kerjanya

Fungsi Stabilizer Mobil dan Cara Kerjanya

Saat mobil bergerak Anda merasakan kejutan tekanan. Sistem suspensi akan menstabilkan guncangan tersebut sehingga pengendara …