Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Berapagaji.com – didalam berdoa sebaiknya kita memperhatikan waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa.

Berikut ini adalah waktu yang mustajab untuk berdoa:

Sepertiga akhir waktu malam.

waktu mustajab untuk berdoa

sepertiga akhir waktu malam merupakan waktu yang di ijabah untuk berdoa. Saat itu orang masih banyak yang tidur lelap, Saat itu juga Allah SWT ke langit terdekat dengan manusia. Allah melihat siapa saja hambaNya yang sudah bangun untuk tahajud lalu memanjatkan doa. Maka dari itu sepertiga akhir waktu malam merupakan waktu yang sangat mustajab untuk berdoa.

Ketika kita sedang berpuasa.

waktu mustajab untuk berdoa

Orang yang berpuasa merupakan satu dari 3 golongan orang yang doanya tidak akan tertolak. Untuk itu orang yang sedang berpuasa merupakan kesempatan untuk memanjatkan doanya kepada Allah SWT

Ketika turun lailatul qadar

waktu mustajab untuk berdoa

Malam lailatul qadar merupakan malam yang sangat istimewa, malam yang pahalanya melebihi dari ibadah seribu bulan.

Malam lailatul qadar turunnya pada bulan ramadhan. Rasulullah menganjurkan untuk memperbanyak doa saat malam lailatul qadar.

Saat adzan berkumandang

waktu mustajab untuk berdoa

Azan merupakan isyarat bahwa waktu sholat sudah tiba, sudah saatnya kita mendaki menuju masjid untuk melakukan sholat berjamaah. Setelah azan ada jeda waktu sampai iqomat di kumandangkan. Saat menunggu iqomat itulah waktu yang mustajab, kesempatan kita untuk memanjatkan doa.

Pada saat sujud ketika kita sedang sholat

Saat sujud dalam ibadah sholat merupakan titik terendah kita sebagai manusia. Kita sadar bahwa kita ini adalah makhluk yang lemah. Tidak ada kekuatan dan pertolongan kecuali dariNya. Maka sebaiknya pada saat sujud terakhir sebelum kita duduk tahiyat sebaiknya kita panjatkan doa terlebih dahulu.

Berdoa Di hari jumat

Hari jumat merupakan penghulunya hari. Pada hari itu juga umat islam melaksanakan sholat jumat. Selain itu banyak amalan amalan yang disunnahkan ketika hari jumat, salah satunya adalah memperbanyak doa.

 

Ketika hujan

waktu mustajab untuk berdoa

Hujan turun dari langit adalah anugrah Allah SWT. Saat hujan turun merupakan salah satu waktu, apabila kita berdoa akan dikabulkan.

Jangan pernah kita mencela atau mencaci hujan, justru pada saat itulah kesempatan kita untuk memanjatkan doa.

 

Tanggal 9 zulhijah(arafah)

waktu mustajab untuk berdoa

Saat hari arafah, seluruh jamaah haji berkumpul untuk melaksanakan wukuf di padang arafah. ketika itulah Nabi Muhammad SAW mengusulkan kepada umatnya untuk memperbanyak doa.

 Saat sedang minum air zam-zam

Rasulullah SAW dalam hadistnya beliau menyampaikan bahwa air zam-zam itu memiliki ketergantungan bergantung pada niat seseorang minum air zam-zam itu untuk apa.

Sebagian ulama menyimpulkan bahwa air zam-zam ini mempunyai khasiat yang istimewa. Jadi sebelum minum air zam-zam sebaiknya kita niatkan untuk yang baik saja.

Begitulah sedikit ulasan mengenai waktu yang mustajab untuk berdoa.

Kebenaran hanyalah milik Allah, kesalahan itu berasal dari diri kita.

Semoga bermanfaat

About admin

Check Also

pengertian doa menurut bahasa dan istilah

Pengertian Doa Menurut Bahasa Dan Istilah

Pengertian Doa Menurut Bahasa Dan Istilah. Berdoa merupakan kebutuhan bagi setiap umat Islam baik secara …