5 Kayu Termahal di Dunia

Kayu Termal di Dunia?

Tentunya setiap orang Indonesia tahu bahwa negaranya memiliki hutan terluas di dunia.

bongkahan pohon berdiri di pinggir jalan dan di atas tanah baik di desa maupun di kota sudah menjadi pemandangan biasa di mata masyarakat Indonesia.

Mulai dari furniture hingga alat musik kayu sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kayu ditemukan di seluruh rumah.

Namun tahukah Anda bahwa ada kayu yang harganya jutaan rupiah per kilogramnya? Nilai besar ini biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor seperti keawetan keindahan dan kelangkaannya.

Berikut lima kayu termahal di dunia yang dihimpun dari berbagai sumber.

1.Kayu Gaharu

Gaharu atau Kayu Gaharu tercatat sebagai salah satu kayu termahal di dunia. Kayu memiliki bau yang harum dan banyak perusahaan menggunakan resin sebagai sumber pewangi.

Gaharu sebenarnya mempunyai warna yang lebih terang. Namun warna gelap pohon tersebut disebabkan oleh getah infeksi jamur yang berfungsi sebagai pertahanan respon.

Harga kayu Gahru berkualitas tinggi Rp 53 juta per kilogram di pasar domestik tetapi dijual sekitar Rp 133 juta/kg di pasar internasional.

2.Kayu Tigerwood

Tigerwood adalah jenis kayu keras yang sangat tahan lama dan tahan terhadap pembusukan. Karena kualitasnya kayu ini dijual seharga Rp 65 juta per meter kubik.

Tigerwood memiliki serat yang sangat bagus sekali, namun sayangnya kayu tigerwood ini tidak bisa dibudidayakan. Maka dari itu harga kayu Tigerwood ini mempunyai nilai jual yang sangat mahal sekali, karena permintaan dan ketersediaan kayu tigerwood yang tidak pernah berimbang

3.Kayu Eboni

Kayu Eboni biasanya digunakan untuk bahan dasar pembuatan alat-alat musik seperti biola, gitar, piano, dan masih banyak lagi.

Uniknya kayu eboni ini adalah bias tumbuh keatas sampai 40 meter. Selain bisa tumbuh hingga 40 meter, jenis kayu eboni juga bisa tenggelam di dalam air karena memiliki kepadatannya yang tinggi. Kayu Eboni sering digunakan untuk furniture dengan kualitas premium karena kayu eboni ini memiliki tekstur yang baik.

Kayu ini dibandrol dengan harga Rp 7 juta per meter kubik jika mempunyai kualitas yang sangat bagus dan warna hitamnya pun merata di seluruh permukaan kayu tersebut.

4. Hati Ungu

Kayu Purple heart banyak sekali dijumpai di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Keunikan dari kayu Purple Heart ini adalah warna kayu yang tadinya berwarna coklat tua akan berubah menjadi warna merah muda setelah kayu ini ditebang.

Kayu ini sudah digunakan sejak jaman dulu karena banyak sekali barang-barang kuno yang berbahan dasar kayu purple heart. Selain itu, kayu ini juga mempunyai ketahanan yang kuat terhadap air dan juga dari perubahan suhu.

Karena Mengolah kayu ungu ini sangat sulit sekali maka kayu ini dihargai sebesar US$180-280 per meter kubik di pasaran.

Bagaimana teman-teman? Apakah tertarik untuk menanam kayu purple heart ini

5. Blackwood Afrika

Kayu ini tumbuh di dataran Afrika, kayu ini di bandrol dengan kisaran harga antara Rp 7 juta sampai Rp 10 juta per meter kubik.

Kayu African Blackwood mempunyai kekuatan yang tahan sangat lama, tidak mudah busuk. Oleh karena itu kayu African Blackwood ini juga sering digunakan untuk pembuatan alat musik mewah seperti gitar dan piano. Kayu ini juga memiliki ketahanan dari serangan serangan.

Itulah teman-teman 5 jenis kayu paling mahal di dunia,apakah teman-teman punya rencana untuk berbisnis kayu ini?

Semoga bermanfaat

Terima kasih

About admin

Check Also

peluang bisnis 2023

peluang bisnis 2023

peluang bisnis 2023 terutama bagi mereka yang memiliki modal kecil. Beberapa orang memulai bisnis sebagai …