Kenapa sinyal wifi buruk

Sinyal wifi buruk memang sangat menyebalkan! Pada kesempatan kali ini kita akan bahas lanjutan dari masalah tersebut yaitu masalah kenapa sinyal wifi buruk. Berikut adalah langkah langkahnya:

 

  • Boot Ulang Router
  • Unroot Handphone
  • Reset Handphone Ke Pengaturan Pabrik
  • Reset Sistem Router

 

Boot Ulang Router

Cara  yang satu ini masih seputaran router, dimana kalau kita menghidupkan ulang pada cara sebelumnya itu kita merefresh processor. Tetapi kalau boot ulang router ini bertujuan untuk merefresh sistem pada router yang error. Ketika sistem router di-reboot maka sistem akan melakukan koneksi ulang dengan jaringan dari ISP, sehingga jika terdapat masalah sistem maka akan mudah di selesaikan.

Berikut langkah-kangkah boot ulang router WiFi:

  1. Buka halaman admin WiFi lewat link dari router yang kalian pakai. Nah, untuk mengetahuinya kalian bisa lihat informasi yang ada pada bawah router atau browsing halaman admin dari merk router kalian.
  2. Jika telah masuk halaman admin router, silakan teman-teman buka menu Settings.
  3. Masuk ke pengaturan Device.
  4. Silakan teman-teman cari opsi rebootrouter di sana. Kalau sudah ketemu, tinggal klik opsi tersebut.

Selesai.

 

Unroot HP

 

Handphone yang telah dalam di root, Rata-rata sistem didalam handphone tersebut tidak stabil. Dan cenderung bias menyebabkan munculnya bug tertentu. Seperti handphone kalian putus nyambung sehingga sinyal wifi buruk ketika disambungkan ke jaringan WiFi. Hal ini disebabkan karena kebanyakan orang yang sudah menggunakan root tidak pernah melakukan optimalisasi pada sistem supaya tidak nampak bug tertentu.

Oleh kerana itu root juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan sinyal WiFi buruk.

Maka dari itu kami merekomendasikan teman-teman untuk melakukan unroot. Cara yang satu ini sebenarnya opsional saja, karena kalian masih bisa mencoba dengan dua cara lagi seprti di bawah ini.

Jika kalian ingin melakukan unroot, tentu tiap handphone berbeda caranya, tapi untuk lebih mudahnya kalian bisa coba menggunakan aplikasi seperti:

  • KingRoot
  • Simply Unroot
  • SuperSU
  • Magisk
  • Dan sejenisnya

Untuk lebih detailnya, teman-teman bisa mencari artikel tentang cara unroot sesuai merk dan tipe handphone yang kalian gunakan.

Reset HP Ke Pengaturan Awal

 

Seandainya cara-cara di atas masih belum bisa untuk memperbaiki sinyal wifi buruk di Android, maka langkah selanjutnya adalah dengan mereset handphone kalian ke pengaturan pabrik. Karena kemungkinan besar masalah tersebut biasanya terjadi karena dari handphone yang masih kotor sehingga menyebabkan sinyal wifi

Untuk memastikan kalau terjadi masalah, teman-teman bisa mencoba dengan menggunakan handphone lain untuk disambungkan ke WiFi yang biasa kalian pakai. Pastikan apakah pada handphone tersebut mengalami masalah yang sama atau tidak. Kalo tidak berarti memang sistem di handphone teman-teman yang mengalami kerusakan dan kita tidak mengerti apa penyebab pasti dari kerusakan tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini sebetulnya tidak begitu sulit, tetapi bisa mencoba melakukan setting ke pengaturan pabrik sebagai solusinya. Dan biasanya cara ini sangat efektif untuk membuat WiFi handphone teman-teman menjadi normal lagi.

Di bawah ini langkah-langkah melakukannya:

  1. Buka menu Settings di smartphone kalian.
  2. Lalu masuk ke menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  1. Kemudian, pilih opsi Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  2. Jika sudah, maka proses reset akan dimulai dan untuk langkah selanjutnya silakan mengikuti panduan reset yang sudah ditulis.

Perlu diingat, bahwa kalian wajib menyimpan terlebih dahulu agar data-data penting yang ada di HP agar kalian tidak kehilangan setelah proses reset dilakukan.

Nah, ketika proses reset sudah selesai, maka handhone kalian akan diatur ulang, termasuk pengaturan pada WiFi.

 

Reset Sistem Router

 

Selain masalah yang ada pada sistem handphone yang mengharuskan kalian melakukan reset, masalah sistem pada router juga kadang bisa saja terjadi sehingga membuat sinyal WiFi buruk dan sering putus nyambung secara berulang.

Cara menyelesaikan masalah ini adalah dengan melakukan reset di pada router.

Pastikan dahulu kalau penyebab masalah ini adalah karena sistem router apa bukan. Cara memeriksanya adalah dengan cara menyambungkan handphone kalian ke WiFi lain, dan jika normal tidak ada kendala apapun, maka bisa dipastikan bahwa sistem router mengalami kerusakan.

Untuk mereset router, berikut adalah caranya:

  1. Akses halaman admin WiFi lewat link dari router yang kalian pakai.
  2. Untuk memeriksa alamatnyaa, kalian bisa melihat informasi yang sudah tertera di bawah router atau bias juga dengan browsing halaman admin dari merk router yang kalian pakai.
  3. Masuk ke halaman admin router, silakan teman-teman buka menu Settings.
  4. cari opsi Restore to Default atau Factory Default Restore pada pengaturan
  1. Silakan kalian lakukan reset dengan klik atau tap pada opsi tersebut.
  2. Selesai, teman-teman bias melakukan tes kembali WiFi nya apakah sudah normalkembali?

Akhir Kata

Penyebab sinyal wifi buruk di Android seharusnya sudah bisa terselesaikan dengan langkah-langkah yang sudah kami utarakan di atas. Sebab, saya pribadi juga sudah mencoba beberapa cara tersebut dan alhamdulillah terbukti berhasil mengatasi sinyal WiFi buruk.

beberapa yang kami tuliskan di atas telah kami susun secara berurutan, dimulai dari hal yang sering dialami sampai hal yang jarang dialami seperti melakukan unroot. Silakan teman-teman  mencoba semua atau satu diantara langkah-langkah tersebut sesuai kebutuhan kalian.

Mungkin cukup sekian artikel yang bias kita rangkum, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

About admin

Check Also

bermain hp

Bermain HP Dapat Duit

bermain Hp bisa bikin orang lupa diri. Mulai dari anak-anak hingga dewasa banyak menghabiskan waktunyauntuk …