Mengatasi WiFi Putus Nyambung

Mengatasi WiFi Putus Nyambung

Wi-Fi sering terputus di Android? Masalah umum bagi saya adalah WiFi putus nyambung. Karena saya menggunakan wifi setiap hari dan saya sering mengalami fenomena ini. Banyak orang yang mengalami hal ini frustasi karena mengalami kesulitan untuk menyambung kembali ke jaringan WiFi setelah terputus.

Misalnya coba jika Anda tiba-tiba kehilangan koneksi WiFi saat streaming atau bermain game. Ini akan membuat Anda tetap aman. Menjadi kesal? Jika WiFi Anda terputus berulang kali itu pasti akan mengurangi kinerja game Anda.

Biasanya masalah putusnya WiFi ini disebabkan karena masalah sistem di Android. Masalah koneksi yang kurang stabil, Kesalahan koneksi atau bisa juga karena otentikasi. Namun selain masalah tersebut banyak hal lain yang mengakibatkan terputusnya WiFi.

Bagaimana cara mengatasi masalah terputusnya WiFi?

Banyak cara  menangani masalah ini.

Teman teman jangan khawatir karena kami akan memberikan solusi untuk menangani WiFi yang sering terputus di Android. Jadi teman-teman bisa mencoba semua cara yang kami rangkum  di bawah ini agar teman-teman bisa mengatasi masalah ini.

  • Restart handphone
  • Reconnect wifi
  • Restart WiFi
  • Matikan Bluetooth
  • Pastikan sinyal HP bagus

 

Restart Handphone

Menghidupkan ulang HP adalah solusi paling mudah yang bisa mengatasi berbagai masalah, seprerti  WiFi putus nyambung. Dengan merestart sistem, maka teman-teman bisa menghilangkan bug ringan yang menjadi penyebab masalah wifi.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol power.
  2. Akan muncul pilihan di layar , silakan pilih Restart/mulai ulang.
  3. Kemudian Handphone akan dimulai lagi, dan kamu harus menunggu sampai HPnya nyala kembali.
  4. Jika sudah nyala kembali, silahkan teman-teman coba cek kembali apakah HP terkoneksi dengan sinyal WiFi.

 

Reconnect WiFi

Apabila cara pertama belum berhasil, kita coba cara selanjutnya yaitu dengan memutus koneksi lalu menyambungkan kembali HP ke jaringan WiFi.

Siapa sangka, hal sepele seperti ini terkadang jadi cara efektif untuk mengatasi masalah WiFi putus nyambung.

Caranya sebagai berikut:

  1. Pertama, nyalakan HP teman-teman , lalu masuk ke menu pengaturan WiFi.
  2. Kemudian silakan teman-teman pilih jaringan WiFi yang terjadi masalah.
  3. lalu, silakan tap dan tahan pada SSID WiFi lalu pilih opsi Remove this networkatau Lupakan jaringan.
  1. kalau berhasil disconnect, silakan teman-teman pilih kembali jaringan WiFi tadi lalu koneksikan lagi perangkat ke jaringan tersebut.

 

Hidupkan Ulang WiFi

Selain merestart HP, teman-teman bisa mencoba menghidupkan ulang router. Karena terkadang ada bug pada sistem atau processor sudah penuh. Sehingga akan membuat perangkat susah connect atau bahkan WiFi nya putus nyambung. Dan masalah tersebut biasanya bisa diatasi dengan menghidupkan ulang router.

Router ini pada prinsipnya mirip komputer mini yang mempunyai prosesor dan memori yang terbatas. Bug ini juga biasanya muncul ketika penggunaan CPU dan memory pada router sudah mencapai batas maksimum. Maka, coba teman-teman cabut adaptor lalu diamkan kurang lebih 1 menit lalu  colokkan kembali adaptor tersebut

Nonaktifkan Bluetooth

Terkadang di beberapa handphone, koneksi Bluetooth dan WiFi yang dihidupkan bersamaan bisa menimbulkan masalah yang bisa menyebabkan ponsel tidak tersambung dengan WiFi. Kecepatan jaringan menjadi lambat, dan sambungan ke WiFi sering putus nyambung.

Kenapa ini bias terjadi? Karena pada modul WiFi dan Bluetooth dari handphone kamu membagi pita frekuensi 2,4 GHz dan akan saling mengganggu bila dipakai bersamaan.

Untuk mengatasi hal ini, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Matikan Bluetooth saat memakai jaringan WiFI untuk menghindari koneksi error.
  2. Bila ingin menggunakan Bluetooth, silakan matikan Bluetooth terlebih dahulu kemudian nyalakan kembali saat handhphone kamu sudah terhubung dengan WiFi.
  3. Coba aktifkan handphone di pita frekuensi 5 GHz saat tersambung dengan Wi-Fi.

Pastikan Handphone memiliki Sinyal yang kuat

Sinyal WiFi mempunyai pengaruh yang sangat besar, terutama pada kecepatan dan stabilitas jaringan. Maka dari itu, hal ini juga berkaitan dengan masalah WiFi putus nyambung. Karena beberapa kasus, penyebab masalah tersebut bias terjadi pada HP yang tidak bisa mendapat sinyal.

Saat sinyal WiFi lemah, maka handphone terkadang tetap bisa terhubung dengan internet. Namun, kadang handphone tidak bisa menangkap sinyal dengan baik, sehingga harus menyambungkan ulang jaringan. Karena hal seperti inilah bisa terjadi masalah WiFi putus nyambung lagi secara berulang.

Untuk mengatasinya, berikut adalah tipsnya:

  1. Pastikan WiFi yang dipancarkan oleh router bagus, paling tidak muncul 3 bar atau lebih.
  2. Coba tempatkan router di tempat yang terbuka, sehingga tidak terhalang tembok atau benda padat lain sehingga mudah dalam memancarkan sinyal WiFi.
  3. Solusi selanjutnya, kamu bisa dekatkan handphone ke router. Karena secara otomatis sinyal WiFi menjadi lebih kuat.
  4. Apabila ruangan kalian dalam jangkauan yang lemah, maka kalian bisa menggunakan alat tambahan untuk memperkuat WiFi contohnya extender WiFi.

Itulah beberapa tips mengatasi wifi putus nyambung. Semoga bermanfaat

About admin

Check Also

bermain hp

Bermain HP Dapat Duit

bermain Hp bisa bikin orang lupa diri. Mulai dari anak-anak hingga dewasa banyak menghabiskan waktunyauntuk …