explore coban glotak

coban glotak

Teman-teman yang ingin berwisata ke Kabupaten Malang, saya yakin pasti bakal bingung memilih mau ke mana. Pasalnya, selain wisata pantai dan pegunungan, Anda bisa mengeksplor wisata air terjunnya. Nah,kali ini saya merekomendasikan lokasi wisata air terjun yang patut dikunjungi, yakni Coban Glotak. Berlokasi di lereng Gunung Kawi, kawasan ini menawarkan pemandangan yang eksotis dan selalu digandrungi oleh para pecinta fotografi.

Indonesia dikenal mempunyai banyak sekali air terjun, baik yang di pegunungan, di dataran tinggi maupun rendah, bahkan di pantai sekalipun. Air terjun ini merupakan salah satu kekayaan wisata alam Indonesia. Air terjun di Indonesia ada yang berukuran sangat besar dan tinggi, besar sedang, hingga kecil atau rendah. Banyak air terjun yang terkenal di Indonesia, tetapi yang belum terkenal ternyata lebih banyak lagi jumlahnya.

Sebutan air terjun sendiri di berbagai daerah juga bervariasi. Memiliki nama atau sebutan masing-masing Misalnya di Jawa Timur disebut dengan istilah coban, lain halnya dengan di daerah Jawa Barat, orang sini menyebutnya curug. Di Kabupaten Malang ternyata masih ada wisata coban yang tersembunyi dan masih alami, seperti Coban Glotak.

Mitos

Coban Glotak tidak hanya memanjakan mata dengan view alam menakjubkan, tetapi ternyata mempunyai nilai sejarah yang harus kita kupas. Konon menurut cerita masyarakat setempat, nama Coban Glotak berasak dari bunyi batu-batuan yang jatuh bersamaan dengan air terjun di lereng Gunung Kawi. Bunyinya yang klotak-klotak sehingga warga sekitar memberi nama tempat tersebut dengan Coban Glotak hingga saat ini. keberadaan Coban Glotak sudah tidak diragukan lagi, karena tak sedikit wisatawan lokal maupun mancanegara yang sudah pernah singgah di sini.

Daya Tarik Coban Glotak

Coban Glotak mempunyai ketinggian 100 meter, airnya begitu jernih dan segar. Apalagi dengan rindangnya pepohonan di sekitarnya, hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata alam ini. Suara air terjunnya bisa bikin Anda lebih relaks dari penatnya rutinitas sehari-hari.

Air terjun Glothak adalah posisinya paling rendah dari 7 air terjun (sumber lain mengatakan 9 air terjun) yang ada di atasnya. karena tempatnya yang masih tersembunyi, jadi suasana alam di sekitarnya masih sangat alami. apalagi ditambah sejuknya hawa pegunungan bisa menghadirkan nuansa ketenangan yang bisa membuat bahagia bagi siapa saja yang berkunjung ke kawasan ini.

Kejernihan air tempat ini membuat Anda ingin buru-buru terjun ke aliran airnya. dijamin teman-teman pasti puas mendapatkan spot foto bertema alam di sana. Ditambah dengan adanya bebatuan alami di sekitar Coban Glotak dapat menjadi background untuk foto Anda. Nah, untuk teman-teman yang lupa tidak membawa bekal, jangan khawatir karena di sini banyak tersedia warung jajanan dengan men lokal yang pasti bikin perut kalian kenyang.

Rute

Meski sekarang sudah menjadi tempat wisata, Anda harus berjuang sedikit berat untuk menuju Coban Glotak. Karena, jalanannya cukup ekstreem, terlebih saat musim hujan tiba. Air terjun setinggi 100 meter ini hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki dengan medan berbatu yang dikelilingi panorama indah di sekitar hutan.

Lokasinya berada di Jalan Raya Coban Glothak, Area Hutan, Dalisodo, Wagir. Bila teman-teman berangkat dari Kota Malang, ikuti saja Maps Jl. Raya Bandulan, Jl. Budi Utomo, Jl. Jaten, dan Jl. Wangkal, setelah itu teman-teman bisa mengikuti Maps. Sekitar 1 jam dari Jl. Raya Bandulan.

Sebelum masuk ke Coban Glotak, teman-teman akan melintasi pedesaan di daerah Wagir. Selama perjalanan, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan alam pedesaan yang sangat indah. Saat melintasi perkebunan penduduk,terdapat loket masuk. Di sana, Anda bisa memarkirkan kendaraan dan membayar tiket masuk.

Harga Tiket Masuk Coban Glotak

Tiket Masuk per orang Rp5.000
Tiket Parkir Rp5.000
Dari area parkir, kalian masih harus melintasi jalan yang curam untuk bisa menemukan langsung keindahan lokasi utama di Coban Glotak. kalian harus berjalan kira-kira 2 km untuk menuju lokasi. Teman-teman bisa mengikuti penunjuk arah yang sudah dipasang. Setelah kalian melewati sungai, itu berarti sudah sampai lokasi.

Lokasi lain di sekitar Coban Glotak yang juga tak kalah menarik yaitu Coban Parang Tejo, Coban Amprong, Coban Tengah, Coban Luk Songo, Coban Kaca, dan Coban Kali Lanang. Setiap lokasi tersebut tentu memiliki view dan keistimewaan lokasi yang berbeda-beda. Sebelum mengeksplor kawasan coban, sebaiknya teman-teman mempelajari medan dan rute yang akan dilalui untuk memastikan keamanan dan kenyamanan. Lebih baikya mengajak teman yang sudah berpengalaman atau tergabung dalam komunitas pecinta alam saat mengunjungi kawasan coban, terlebih yang berlokasi ekstrem.

Tips Berwisata

Saat berwisata ke Coban Glotak, ada baiknya teman-teman meningkatkan kebugaran tubuh. Supaya saat perjalan terasa aman dan nyaman. Karena kalian akan melewati medan terjal dan curam untuk menuju ke tempat ini. Berolahraga kecil sebelum berwisata bisa menjadi pilihan karena dapat membantu melemaskan otot dan membuat tubuh lebih fit.
Sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya teman-teman memlihat ramalan cuaca di lokasi air terjun tersebut. Segera tinggalkan tempat ini kalau hujan sudah mulai turun.
Perlu diingat ya teman-teman, jangan pergi ke Curug atau air terjun lainnya saat hujan. Karena, volume air terjun saat hujan cenderung lebih deras dibanding musim lainnya. ketika musim hujan, kondisi di sekitar sini banjir.

Itulah gambaran tempat wisata Coban glotak.
semoga bermanfaat

About admin

Check Also

wisata terindah

5 tempat wisata terindah di Indonesia

wisata terindah di Indonesia memang sangat menarik karena Indonesia berada di wilayah khatulistiwa. Mulai dari …