Tips Memilih Waralaba paling menguntungkan

Memilih waralaba menjadi Masalah yang sering dihadapi oleh seseorang yang ingin memulai usaha lain adalah soal permodalan. Ingin usaha,?tetapi modal terbatas. Seperti kata pepatah “banyak jalan menuju roma”, dalam dunia bisnis juga selalu ada alternatif untuk menemukan solusi.?

Memilih usaha waralaba bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang tidak memiliki modal banyak dan ingin memulai bisnis secara praktis. Jangan pernah berpikir kalau usaha waralaba itu harganya mahal. Karena banyak sekali usaha waralaba yang menawarkan tarif sesuai dengan budget kantong Anda. Namun, tidak boleh sembarang memilih usaha waralaba. Anda harus memahami tips berikut untuk mendapatkan usaha waralaba yang harganya murah, menguntungkan dan memiliki prospek yang cerah:

1. Pastikan bisnis franchise yang ingin Anda ikuti memiliki izin yang resmi.

Dalam menjalankan bisnis, tentu kita harus berhati-hati. Jangan ambil risiko jika bisnis tersebut memang tidak perlu kita ambil. oleh karena itu, untuk meminimalkan risiko yang besar, pastikan bahwa dalam waralaba yang ingin jalan di dalamnya adalah suatu undang-undang usaha waralaba yang resmi serta ada perlindungan undang-undangnya, serta hasil produksinya ada tanggung jawabnya. Jadi, Anda bisa menjalankan bisnis Anda dengan tenang tanpa ada rasa nkawatir gulung tikar karena ada permasalahan hukum.

2. Pilih franchise sesuai dengan modal yang kita punya

Ketika kita ingin memulai usaha, akan diawali dengan modal usaha yang berbeda-beda. Modal bisa bersumber dari simpanan pribadi, pinjaman bank, ataupun sumber lainnya. Jika kalian ingin menekuni bisnis waralaba, pilihlah waralaba yang modalnya sesuai dengan modal yang kita miliki.

Jangan memaksakan diri untuk membeli waralaba dengan tipe besar atau bermodal besar jika memang modal kita belum mencukupi dan terbatas untuk membeli waralaba tersebut. Buka disesuaikan dengan budget kantong kita.
Jika kita terlalu memaksakan diri, baik dengan menggadaikan aset atau utang yang tidak rasional, justru akan menjadikan kita tidak rasional dalam mengelola usaha yang dijalankan? sehingga bisa mengakibatkan produk yang kita tawarkan kita tidak laku.

3. Memilih waralaba yang kredibilitasnya sudah teruji

Memilih waralaba yang sudah memiliki kredibilitas dan citra yang baik tentu sangat penting sekali karena ini berkaitan erat dengan pembeli. Semakin bagus citra sebuah waralaba maka akan semakin besar kesempatan mendapatkan konsumen.

Jangan asal memilih waralaba. Meskipun waralaba itu harganya sangat murah dengan menawarkan fasilitas yang banyak, tetapi jika citranya jelek maka akan membuat usaha kita sulit untuk berkembang.

Menyesuaikan memilih waralaba dengan brand yang sudah terkenal sehingga akan memudahkan kita dalam menarik konsumen. Jika bisnis anda ingin berkembang dengan cepat, syarat yang diatas tadi harus dipenuhi. Dengan begitu, peluang mendapat keuntungan ke depannya semakin besar.

4. Pilih lokasi strategis untuk bisnis franchise Anda

Satu hal penting dalam berbisnis adalah memilih lokasi strategis untuk menjalankan bisnis tersebut. Begitu pula untuk menjalankan bisnis franchise. Memilih tempat yang strategis lebih mudah mendatangkan konsumen untuk membeli dalam jumlah yang lebih banyak. Semakin kita berhasil menemukan lokasi yang strategis, semakin besar pula potensi bisnis waralaba yang kita jalani untuk berkembang pesat.

Contoh mencari lokasi yang tepat, seperti di pusat-pusat keramaia, pasar, dekat perkantoran dan pusat dunia, dekat kampus, dan tempat lain yang sekiranya banyak dikunjungi orang. Jika Anda menemukan tempat strategis untuk lokasi bisnis Anda, kemungkinan sukses dari usaha franchise ini akan semakin besar.

5.Perhatikan potensi pasar produk dalam memilih waralaba

Selain memilih lokasi yang tepat, perhatikan juga potensi pasar masyarakat sekitar kita. Produk franchise yang ingin kita jual dengan ketertarikan masyarakat, baik dari sisi produk, rasa, maupun kemampuan masyarakat. Dengan begitu, maka peluang kesuksesan anda akan semakin besar.

6. Mempersiapkan diri untuk menghadapi risiko

Apapun usahanya baik kecil maupun besar sudah pasti mempunyai resiko. Setiap usaha yang kita jalankan pasti, berharap sukses. Tetapi juga mempunyai resiko kegagalan. Karena itu, jangan cuma memikirkan keuntungan saja tapi resiko kegagalan juga harus kita pikirkan.

7. Cari informasi sebanyak mungkin sebelum memilih waralaba

Agar kita dapat menghitung atau memperkirakan ke depan bisnis waralaba. Maka kita perlu mencari informasi sebanyak mungkin mengenai reputasi bisni waralaba yang akan kita jalani. Serta kita pelajari bagaimana pemilik waralaba tersebut memulai usaha waralaba tersebut dan perlu kita ketahui pula jumlah cabang yang telah dijalankan.

Hal ini kita lakukan supaya resiko kegagalan dari bisnis waralaba ini bisa kita minimalisir. selain itu kita juga bisa memprediksi bisnis waralaba itu mampu bertahan lama atau tidak.
itulah sedikit tips dari kami mudah mudahan bermanfaat untuk kita semua.
salam sukses

About admin

Check Also

peluang bisnis 2023

peluang bisnis 2023

peluang bisnis 2023 terutama bagi mereka yang memiliki modal kecil. Beberapa orang memulai bisnis sebagai …