Manfaat Istighfar, Luar biasa!

Manusia merupakan tempatnya slah dan dosa . Sebagai manusia biasa tentu kita memiliki banyak kesalahan kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Begitu pula dosa kita baik dosa kecil maupun dosa besar.
Untuk itu sudah seharusnya kita selalu beristighfar kepada Allah SWT. Memperbanyak istigfar mempunyai makna yaitu memohon ampunan kepada Allah SWT secara terus menerus atas segala dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Perintah Istighfar Dalam Alquran

Dalam AlQuran, Allah SWT Berfirman
“ Maka Aku(Allah SWT) berkata(kepada-mereka), Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, Karena sesungguhnya, Dialah Yang Maha Pengampun”
“Niscaya Dia(Allah SWT) akan menurunkan hujan yang sangat lebat untukmu dari langit”
“Dan Dia(Allah SWT) memberikan harta yang banyak serta anak-anakmu dan membuatkan kebun-kebun untuk kalian serta menciptakan sungai-sungai untukmu”

Itulah janji Allah SWT kepada orang yang selalu beristighfar kepada Allah SWT.

Istighfar Perintah Rosulullah SAW

Rosulullah SAW merupakan manusia pilihan, menjadi kekasih Allah SWT, Hidupnya terjaga dari segala kesalahan, dijamin masuk surga. Beliau masih beristighfar paling sedikit 70 kali.
Kita sebagai umatnya yang belum memiliki jaminan, masih sering berbuat dosa, belum mengerjakan apa yang menjadi perintah Allah SWT. Maka sudah menjadi kwajiban kita untuk terus selalu beristighfar kepada Allah SWT. Beristighfar dengan sungguh sungguh, di ibaratkan seperti air yang menetes di batu. Lama kelamaan akan menghancurkan batu tersebut. Begitu juga dengan dosa-dosa kita, dengan beristighfar insya Allah lama kelamaan dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT.

baca juga: doa ibu mempunyai pengaruh yang luar biasa

Manfaat Istighfar

Selain menghapus dosa-dosa kita ternyata istighfar mempunyai manfaat yang luar biasa dalam kehidupan sehari-hari.
Salah satu manfaat istighfar seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadist riwayat Imam Ahmad dan al-Hakim dari Ibnu Abbas RA,
“Barangsiapa yang bersungguh-sungguh memperbanyak istighfar kepada Allah SWT, maka Allah akan memberikan penyelesaian baginya dari setiap permasalahan dan memberikan jalan keluarnya dari kesempitan , serta memberikan rezeki yang banyak dari pihak yang tidak pernah disangka-sangka.”

Dari penjelasan hadist diatas, ada 3 manfaat yang diperoleh apabila kita banyak istighfar.

Pertama, Allah SWT akan memberikan solusi atau penyelesaian dari setiap permasalahan kita. Maksud “memberi penyelesaian” di sini adalah Allah SWT lah yang akan menyelesaikan semua permasalahan kita, buka diri kita. Karena semua yang terjadi pada diri kita ini tak lain dan tak ada yang atas kehendak Allah SWT.
Kedua, Allah SWT akan memberikan jalan keluar dari permasalahan kita atau kesempitan. Ini artinya kita akan diberi petunjuk oleh Allah SWT. Tanpa kita sadari kita akan dituntun oleh Allah SWT untuk menyelesaikan permasalahan atau yang menjadi kerisauan kita.
Ketiga, Allah akan memberikan rezeki kepada kita dari arah atau sumber dan jalan yang tidak pernah disangka-sangka. Biasanya ini dialami oleh pedagang, tau tau ada pembeli yang datang membeli dagangan kita. Tanpa kita tau dari mana orang tersebut datang ke tempat kita.
Hebatnya dahsyatnya bila kita bersungguh-sungguh mengamalkan istighfar. Betapa maha pengasih dan penyayangnya Allah SWT, sehingga manusia diberikan rahmat oleh Allah SWT.
Mari kita sama-sama, dengan kesungguhan hati untuk mengamalkan istighfar, agar Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita. Serta memberikan petunjuk kepada kita ke jalan yang lurus dan ang Allah ridhoi.
Itulah uraian singkat mengenai manfaat istighfar, semoga bermanfaat.

About admin

Check Also

ngaji dapat saldo

Ini Dia Aplikasi Ngaji Dapat Saldo Dana

Ini Dia Aplikasi ngaji yang dapat memberikan saldo dana. Hanya dengan menjalankan misi yang ditugaskan, …