Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca Pada Hp-Xiaomi

Mengatasi kartu sim tidak terbaca pada handphone xiaomi. pada artikel sebelumnya kita sudah mengidentifikasi penyebab kartu sim tidak terbaca, sekarang kalian bisa mulai melakukan perbaikan dengan beberapa tipsnya berikut ini!

Baca Juga: Penyebab kartu sim tidak terbaca pada hp xiaomi

1. Restart HP Xiaomi Anda

Kalian bisa mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca dengan restart maupun menghidupkan ulang HP Xiaomi Kalian. Ini Kalian lakukan karena kemungkinan akibat dari service sistem yang crash maupun tidak dijalankan, sehingga kartu SIM tidak ditemui sama sekali. Dengan memuat ulang fitur, diharapkan service sistem dapat berjalan normal dan kartu SIM bisa terbaca lagi.

Biasanya kasus kartu SIM yang tidak terbaca, dan sebagian kasus lain semacam: not responding, tidak bisa dibuka, sinyal tidak mencuat, hang, macet, dan sebagainya dapat teratasi hanya dengan merestart smartphone. Apabila sudah di restart masih belum bisa, cobalah matikan ponsel dan tunggu selama 30 detik, sehabis itu nyalakan kembali ponsel.

2. Gunakan mode pesawat terbang

Cara selanjutnya Kalian bisa coba mengaktifkan mode pesawat terbang( airplane mode) guna me-refresh jaringan yang bermasalah. Sebetulnya fitur mode pesawat terbang digunakan pada disaat pengguna melakukan penerbangan biar tidak mengusik komunikasi. Namun Kalian bisa memakai fitur ini buat me- refresh konektivitas jaringan( SIM Card, WiFi, Bluetooth, dan yang lain). Kalian bisa ON OFF mode pesawat terbang disaat buat me- refresh jaringan.
Berikut caranya:

1. Buka menu Setelan di HP Xiaomi Kalian.
2. Pilih Yang lain» aktifkan Mode Pesawat.
3. Tunggu sebagian disaat. Sehabis itu, matikan.
4. Lihat apakah kartu SIM dapat ditemui maupun tidak.
5. Berakhir.

 

Tidak cuma melalui menu Settings, Kalian pula bisa mengakses fitur mode pesawat terbang melalui bilah notifikasi HP Xiaomi Kalian. Setelah itu aktifkan mode pesawat terbang selama beberapa detik kemudian matikan kembali.

3. Pastikan penempatan kartu SIM pas

Selanjutnya, coba pastikan kembali penempatan kartu SIM di smartphone Xiaomi Kalian sudah pas atau belum. Semacam penjelasan pertama tadi, kartu SIM yang tidak terbaca disebabkan oleh posisi kartu SIM yang tidak pas karena benturan pada ponsel maupun terjatuh. Banyak pengguna yang tidak menyadari jika akibat benturan dapat mengakibatkan kartu SIM berubah posisi( sedikit miring/ tidak sejajar), terlebih buat ponsel model lama yang konektor kartu SIM masih di bawah baterai, efeknya malah lebih besar.
Berikut caranya:

 

1• Coba buka slot kartu SIM di HP Kalian.
2• Kemudian, lepaskan kartu SIM setelah itu pasang kembali.
3• Pastikan pemasangan sudah cocok dan benar.
4• Jika sudah, coba muat ulang HP Kalian buat me- refresh komponen.

Pada sebagian HP Xiaomi model lama( yang konektor kartu SIM masih di bawah baterai dan removable), apabila slot kartu SIM terlihat renggang, Kalian bisa ganjal dengan kertas maupun kapas untuk menekan kartu SIM supaya kuningannya menempel pada jalur konektor.

4. Coba gunakan kartu SIM lain

Bisa jadi kartu SIM yang Kalian gunakan memanglah telah rusak maupun tidak aktif sehingga tidak bisa terbaca oleh smartphone. Coba uji dengan memasang kartu SIM lain di HP Kalian. Apabila dengan memasang kartu SIM lain masih tidak terbaca, maka bisa di pastikan HP Kalian yang bermasalah, entah konektornya yang tidak berfungsi, komponen IC PA yang rusak, konfigurasi jaringan yang salah, maupun setelan SIM 1/ 2 yang tidak aktif( disable). Tetapi apabila kartu SIM lain tersebut terbaca dengan baik, berarti yang bermasalah ialah kartu SIM Kalian.

Apabila kartu SIM Kalian sudah tidak aktif karena tidak pernah isi pulsa maupun tidak memperpanjang masa aktif kartu, Kalian bisa datang ke kantor pusat provider kartu SIM. Kalian bisa datang buat meminta biar nomor telepon Kalian di aktifkan kembali dan Kalian hendak mendapatkan kartu SIM yang baru dengan nomor yang sama.

5. Cek konektor/ slot kartu SIM

Coba cek bagian konektor SIM HP Kalian. Bisa jadi konektornya berdebu, bengkok, maupun patah sehingga membuat HP tidak dapat membaca kartu SIM. Apabila konektor berdebu, coba lepaskan dan bersihkan dengan penghapus karet, kapas, maupun bisa pula peralatan pembersih lain yang sekiranya bisa digunakan buat membersihkan bagian tersebut.

Pada sebagian HP model lama yang konektor kartu SIM masih ditepatkan di bagian bawah baterai( removable), Kalian bisa buka casing HP dan lepaskan baterai sehabis itu bilas sela- sela konektor supaya bersih dari debu maupun kotoran yang menempel. Apabila dirasa konektor terasa renggang maupun kurang rapat, Kalian bisa tambahkan sepotong busa maupun kertas buat mengganjal kartu SIM. Tujuannya agar kartu SIM menempel dengan konektor.

Tetapi apabila terdapat kehancuran parah pada konektor, semacam kuningan yang patah maupun bengkok, dan tidak bisa diperbaiki sendiri, hendaknya bawa ke service HP maupun Service Center buat mendapatkan penindakan yang lebih baik.

About admin

Check Also

gaji kpps 2024

Gaji Anggota KPPS 2024 Mengalami Kenaikan

Gaji Anggota KPPS 2024. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati telah menetapkan pendapatan Kelompok Penyelenggara …