Kartu SIM Tidak Terbaca, Ini Dia Penyebabnya

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca Pada Hp Xiaomi. Sebagai pengguna smartphone Android , kita menyadari jika kartu SIM memiliki fungsi yang sangat berarti. Kita bisa melakukan panggilan, mengirim pesan, maupun mengakses internet berkat adanya kartu SIM di smartphone kita. Tanpa adanya kartu SIM, smartphone yang kita miliki tidak akan bisa digunakan. memang kita bisa mengenakan jaringan WiFi untuk koneksi internet, kita tetap membutuhkan kartu SIM. Misalnya untuk melakukan panggilan telepon, mengirim SMS, otentikasi email. Serta mengakses berbagai layanan maupun aplikasi yang membutuhkan nomor telepon sebagai peralatan pendaftaran maupun login.

Nah, terkadang kasus seperti ini terjadi pada smartphone kita. Mengenai hal ini tentu membuat komunikasi tersendat, kita tidak bisa melakukan panggilan ataupun mengirim pesan apabila terdapat notifikasi “tidak ada layanan”, “kartu tidak ditemukan”, “SIM not valid”, “no sim card”, “No Signal”, dan lainnya sebagainya. Lalu, apa yang menjadi faktor penyebab dari kasus tersebut? Kalian bisa ikuti ulasannya berikut ini!

Kartu SIM yang tidak terbaca di HP Xiaomi bisa disebabkan karena banyak aspek, bisa karena penempatan kartu SIM yang kurang sesuai, kuningan kartu SIM yang tergores, masa aktif kartu SIM yang habis, IMEI yang sirna, konfigurasi jaringan yang salah, dan lain sebagainya. Buat lebih jelasnya, Kalian bisa ikuti sebagian penjelasannya berikut ini!

baca juga: Handphone android mirip iphone

Faktor yang mempengaruhi kartu SIM tidak terbaca

•¬Usia kartu SIM yang sudah cukup lama
Usia kartu SIM yang sudah di atas 3 tahun akan mengalami korosi pada material plastik dan kuningan. Apabila dibiarkan, maka resikonya kartu SIM tidak terbaca.

• Kuningan kartu SIM yang tergores

Kuningan yakni komponen utama yang menyimpan berbagai informasi berarti pada kartu SIM. Bagian tersebut sangat sensitif, apabila ada benda yang membuat kuningan tersebut tergores sangat dalam sampai menyebabkan jalur kuningan terputus dan tidak bisa terbaca oleh smartphone.

• Masa aktif kartu SIM habis

Apabila Kalian telat mengisi pulsa maupun memperpanjang masa aktif kartu, sampai kartu SIM masuk ke masa tenggang. Dan apabila dalam masa tenggang tersebut kartu SIM tidak diperpanjang, maka kartu SIM tersebut dinonaktifkan oleh provider dan tidak dapat digunakan lagi.

Baca Juga; Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca pada hp xiaomi

• Posisi kartu SIM yang kurang cocok

Posisi kartu SIM yang kurang sesuai bisa juga menyebabkan kartu SIM tidak terbaca. Tidak hanya itu, benturan pada ponsel maupun terjatuh juga mengakibatkan posisi kartu SIM bergeser (sedikit miring/ tidak sejajar).

• IMEI Hilang

IMEI ialah kode unik yang berfungsi sebagai fakta diri pada smartphone. Apabila IMEI hilang/ tidak ditemui/ tidak valid/ null.

• Konektor/slot kartu SIM rusak

bisa jadi konektor/ slot kartu SIM rusak, entah bengkok, patah, maupun karena tekanan pada kartu SIM yang kurang kuat. Untuk memastikannya, coba lakukan pengujian dengan memasang kartu SIM Kalian ke smartphone lain dan begitu pula sebaliknya.

• Kerusakan komponen IC PA

IC PA yakni bagian dari komponen smartphone yang berfungsi sebagai menangkap sinyal. Nah, apabila smartphone Kalian tidak ada sinyal sama sekali maupun bertanda “X”, bisa jadi komponen IC PA yang rusak.

Baca Juga: Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca di hp xiaomi

Itulah tadi beberapa problem yang menjadi penyebab kartu sim tidak terbaca pada hp xiaomi.

Semoga bermanfaat

About admin

Check Also

gaji kpps 2024

Gaji Anggota KPPS 2024 Mengalami Kenaikan

Gaji Anggota KPPS 2024. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati telah menetapkan pendapatan Kelompok Penyelenggara …