WhatsApp Error Dan Cara Mengatasinya

Whatsapp error pada Salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan di dunia khususnya WhatsApp atau WA seperti sebutannya di Indonesia ini terkadang tidak lepas dari banyaknya bug yang mengganggu. Mengunduh ke gambar jika tidak dapat mengirim pesan.
Bagaimana cara mengatasi kesalahan WA? Bagi yang saat ini tidak mengalami error pada WA atau WhatsApp.
kami telah mencantumkan alasan dan cara mengatasi error aplikasi dengan logo penerimaan telepon. Yuk simak selengkapnya melalui artikel ini.

Whatsapp Error dan cara mengatasinya

Kesalahan yang sering terjadi di whatsapp berbeda-beda karena dampak whatsapp atau kesalahan pengguna dan tidak terjadi satu atau dua kali.

1. Restart HP

Cara mengatasi WA error yang pertama adalah dengan merestart ponsel Anda. Biasanya salah satu penyebab WA error adalah app error yang membuat Whatsapp tidak bisa dibuka dan force close serta pesan atau panggilan tidak bisa diterima.
Ada dua cara untuk me-restart ponsel dengan menekan lama tombol power lalu memilih tombol restart atau tombol shutdown. . Jika metode ini tidak berhasil lanjutkan ke metode selanjutnya di bawah ini.

2. Periksa koneksi internet

Alasan lain yang mungkin untuk error WA adalah koneksi jaringan internet Anda. Seringkali tanpa sadar kita lupa mengisi ulang paket internet kita atau lupa menyambung kembali ke jaringan setelah menutupnya.
Aktifkan jaringan seluler Anda. Ini biasanya membuat sulit menerima pesan dan obrolan dari WA. Itu mudah. Jika anda tidak bisa mengirim atau menerima pesan download gambar dari WA atau buka status WA teman anda mungkin karena anda tidak terkoneksi dengan jaringan internet.

3.Menutup aplikasi lain dan memulai ulang Whatsapp

Langkah selanjutnya untuk mengatasi error WA adalah menutup aplikasi lain dan memulai kembali aplikasi WA di latar belakang.
Membuka aplikasi berulang kali terutama yang memiliki beban tinggi sekaligus akan memakan banyak memori ponsel Anda dan menyebabkan beberapa aplikasi fungsi untuk gagal. Saya tidak dapat mengirim foto menerima pesan suara atau menggunakan fitur lainnya. Fitur lain dari WhatsApp Business Beberapa ponsel memiliki caranya sendiri untuk melakukan ini.
Tetapi secara umum cukup ketuk tombol kiri di panel bawah ponsel Anda atau geser ke bawah dari layar beranda dan Anda akan melihat dua aplikasi berjalan. Kemudian tutup semua aplikasi yang berjalan sebelumnya dan buka kembali WhatsApp.
Jika Anda menduga ini adalah masalah kinerja memori Anda dapat mengembalikan fungsi WA ke normal.

4. Perbarui Aplikasi Whatsapp

Error WA berikutnya adalah pop-up usang yang mengatakan WhatsApp versi ini sudah usang. Jika ini terjadi pada WhatsApp Anda mudah karena Google Play atau Apple App Store tidak memperbarui aplikasi secara otomatis. Cara termudah untuk mengatasi kesalahan WA karena masalah ini adalah memperbarui WA Anda melalui Google Play Store atau Apple App Store.
Untuk mencegah hal ini terjadi lagi Anda dapat mengaktifkan pengaturan di Google Play atau App Store. Kemudian pilih Perbarui Aplikasi Secara Otomatis atau Perbarui Aplikasi Secara Otomatis.

5. Hapus Cache Aplikasi Whatsapp

 

Cara ini paling umum jika WA Anda mengalami berbagai jenis kesalahan termasuk tidak dapat mengirim pesan termasuk koneksi jaringan gambar ditutup untuk mengirim dan mengunduh tetapi WA tidak diaktifkan.
Cache itu sendiri dapat memanggil kembali catatan yang ditulis oleh aplikasi untuk mempercepat kinerjanya. Meskipun cache ini lebih berguna cache ini juga sering membuat aplikasi crash sehingga Anda harus menghapusnya suka atau tidak suka.
Caranya adalah untuk Android Anda bisa membuka pengaturannya. Kemudian beralih ke Manajemen Aplikasi. Kemudian buka aplikasi WA dan klik Clear Cache. Namun perlu diingat bahwa setiap ponsel memiliki aplikasi manajemen direktori yang berbeda.

6. Jangan Pasang Aplikasi Task Killer Otomatis

Beberapa orang sengaja memasang aplikasi pembunuh tugas untuk memperlambat ponsel mereka. Ini bukan bug tetapi menyebabkan beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang tidak berfungsi dengan baik. Misal WhatsApp.
Untuk alasan ini sebaiknya hapus aplikasi pembunuh tugas ini yang sering menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang. Faktanya smartphone terbaru dilengkapi dengan pembunuh fitur pintar bawaan yang menutup aplikasi yang jarang digunakan.

7. Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Cara terbaik untuk mengatasi whatsapp error karena ruang penyimpanan adalah menghapus beberapa aplikasi yang jarang Anda gunakan atau pedulikan. Namun jika Anda tidak ingin menghapusnya Anda dapat membagi atau memasang beberapa aplikasi di kartu SD Anda.

8.Jangan aktifkan Mode hemat Data

Intinya handphone hemat daya kalau tidak WhatsApp tidak bisa digunakan. Ini karena fungsi ini mencegah smartphone untuk dapat melakukan beberapa fungsinya yang biasanya berjalan di latar belakang pada ponsel misalnya notifikasi dan panggilan telepon.
Terakhir karena fitur ini Anda bisa menerima panggilan atau melihat WA yang masuk hanya saat membuka Whatsapp. Menonaktifkan mode penghemat data sangat sederhana. Pertama buka Setting kemudian cari Power Saver atau Battery Saver. Jika demikian alihkan dari Aktif ke Nonaktif.

9. Lakukan Reset Preferensi di Aplikasi

Dalam beberapa kasus mode WA tidak dapat dipulihkan karena ponsel menyimpan beberapa kesalahan yang terjadi di aplikasi yang menyebabkan kesalahan tersebut. Anda dapat melakukan ini dengan menyetel ulang preferensi aplikasi. Namun cara ini hanya bisa digunakan pada jenis smartphone tertentu saja.

10. Instal Ulang Aplikasi WA

Instal ulang WA adalah salah satu cara termudah untuk mengatasi kesalahan WA jika Anda terlalu malas untuk memeriksa bahwa WA Anda salah. Juga menginstal ulang bug WA yang dapat menyebabkan bug yang dapat dihapus.
Itulah tadi beberapa cara untuk mengatasi wa error. Semoga bermnfaat.

About admin

Check Also

gaji kpps 2024

Gaji Anggota KPPS 2024 Mengalami Kenaikan

Gaji Anggota KPPS 2024. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati telah menetapkan pendapatan Kelompok Penyelenggara …