Amalan Di Bulan Rajab Sesuai Anjuran Rasulullah

Amalan Terbaik Di Bulan Rajab Sesuai Anjuran Rasulullah, Bulan Rajab merupakan salah satu dari bulan-bulan yang mulia yang keutamaannya sudah banyak disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW. Memperbanyak amalan di bulan Rajab supaya menjadi muslim yang beruntung karena akan memperoleh limpahan pahala serta berkah.

Banyak sekali Amalan yang harus dikerjakan Ketika memasuki bulan Rajab. Rasulullah SAW menyarankan umatnya melaksanakan puasa sunnah Rajab.
Sebagaimana sabda nabi yang artinya:
“Kemuliaan serta keutamaan bulan rajab tidak ada di bulan-bulan yang lain. Di bulan ini pula haram hukumnya hukuman terhadap orang- orang kafir. selain itu Ada pula Syaban, itu juga merupakan bulanKu, serta Ramadhan merupakan bulan umatku Barang siapa yang berpuasa satu hari saja di bulan Rajab, maka dia hendak memperoleh keridhaan Allah SWT yang sangat besar serta jauh dari kemurkaan-Nya dan di tutup pintu neraka untuknya”

Amalan di bulan Rajab bukan hanya pada puasa saja. Namun terdapat amalan lain yang dapat dikerjakan umat muslim.

Amalan Bulan Rajab

Abdurrahman Ahmad dalam bukunya yang bertajuk 12 Bulan Mulia- Amalan Selama Tahun, membangunkan amalan yang dapat dikerjakan di bulan Rajab tidak hanya puasa. Amalan ini bersumber pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh para sahabat serta pendapat para ulama.

1. Memberi makan

Rasulullah SAW pernah melewatkan:” Disunnahkan kepada pemilik setiap rumah dalam setiap tahunnya supaya berkurban ataupun atirah(kambing yang disembelih pada bulan Rajab).”(Sunan Abu Dawud, An Nasai, Ibnu Majah).

Atau sering disebut dengan istilah Rajabiah.

Memang dalam sebuah hadist shohih disebutkan dari Abu Hurairah ra., Rasulullah SAW Bersabda:”Tidak ada fara(anak unta disembelih atas nama Tuhan mereka) serta tidak terdapat atirah(kambing yang disembelih ketika bulan Rajab)”. Tetapi, di antara mereka mengeleluarkan pendapat bahwa hal ini disunnahkan oleh Ibnu Sirrin ra. serta yang lainnya.

Imam Ahmad meriwayatkannya dari penduduk Bashrah, serta dikuatkan oleh alim ulama hadits mutaakhirin. Imam Hambali di dalam riwayat imam Ahmad.

baca juga: waktu mustajab untuk berdoa

Mereka membangun dapat melaksanakannya dengan mengambil sumber pada riwayat suatu ketika ada orang yang bertanya kepada Rasulullah SAW: “Ya Rasulullah, sebenarnya kami telah menyembelih di dalamnya (bulan Rajab) pada masa Jahiliah.” Nabi Muhammad SAW pernah:. ” Sembelihlah hewan itu, niatkan untuk Allah dalam bulan apa saja, serta berbuat baiklah, niatkan juga karena Allah, dan berilah santapan.”( Nasai: VII/ 169 serta 171).

Abu Razin ra. juga mengatakan: “Ya Rasulullah, sebenarnya saat Jahiliah kami telah melaksanakan kurban, dan di bulan Rajab. kemudian kami makan serta kami berikan kepada orang- orang yang datang” Rasulullah mengenang: “Tidak kenapa.” (An- Nasai).

Dalam hadits lain diterangkan, Bahwasanya Rasulullah SAW pernah melewatkan: Sembelihlah kambing qurban pada bulan Rajab seperti yang pernah dilakukan orang-orang Jahiliah. Namun bila ada orang yang hendak melaksanakannya,maka sembelihlah karena Allah SWT, setelah itu makan serta bersedakahlah. Lakukanlah yang demikian.” (Ath Thabrani).

Alim ulama mengatakan bahwa hadits “Tidak terdapat fara serta tidak terdapat atirah”, setelah itu mereka melaporkan kalau yang dilarang adalah sikap yang di lakukan oleh orang-orang Jahiliah, yaitu menyembelih keinginan dengan niat bukan karena Allah. Jadi, penekanan dalam hadits- hadits di atas adalah tentang santapan yang dibagikan, dimakan, ataupun disembelih diniatkan karena Allah bukan Karena siapa-siapa selain Allah.

baca juga: mengapa kita harus berdoa

2. Memperbanyak Berdoa

Berdoa memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari orang muslim. Namun di bulan rajab ini Rasulullah memerintahkan umatnya untuk memperbanyak berdoa.
Anas bin Malik ra. meriwayatkan:

” Rasulullah SAW , memperbanyak doa Apabila saat bulan Rajab :. ” Ya Allah, persembahkanlah keberkahan di bulan Rajab ini, dan juga di bulan Sya’ban, Dan pertemukan kami dengan bulan Ramadhan. (Abu Nuaim, Al-Hilyah, Ad-Dailami, Musnad Al Firdaus, Imam Nawawi, Al-Azkar).

ini artinya sebelum ramadhan tiba Rasulullah sudah mempersiapkannya sejak masuk bulan rajab. sehingga saat ramadhan nanti bisa melaksanakan ibadah dengan maksimal.

baca juga: Manfaat istighfar

3. Perbanyak istighfar

Amalan di Bulan Rajab Syaban serta Ramadhan berikutnya, disebutkan kalau bulan Rajab merupakan bulan pengampunan. Imam Jafar ash Shadiq meriwayatkan bahwasannya Rasulullah SAW pernah:

” Rajab merupakan slah satu bulan yang penuh ampunan, maka dari itu Rasulullah mengajak umatnyan untuk memperbanyak membaca istighfar. sebab Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Bulan Rajab dijuluki dengan ALAshab( pelimpahan) sebab pada bulan ini ada rahmat Allah yang dilimpahkan kepada umatku. Sehingga perbanyaklah mengucap,

أَسْتَغْفِرُاللَّهَوَأَسْأَلُهُالتَّوْبَةَ
Astaghfirullah wa as aluhut taubah

Rasulullah SAW menyarankan agar beristighfar sebanyak 70 kali di siang hari serta 70 kali di malam hari, kemudian mengangkut tangannya serta mengatakan:

اللهماغْفِرْلِيوَتُبْعَلَيَّ

Allahummaghfirli wa tub alayya
“Ya Allah ampunilah aku, dan terimalah taubatku”
Itulah tadi beberapa amalan yang bisa kita amalkan di bulan rajab.
Mudah mudahan kita selalu mendapat hidayah dari Allah SWT. Amiin

About admin

Check Also

mobil murah fitur lengkap

5 Mobil Murah Dengan Fitur Lengkap

Mobil Murah Dengan Fitur Lengkap, Banyak orang yang menginginkn Mobil dengan harga murah tetapi memiliki …