Membangun Rumah Dari Nol Ikuti Tips Ini

membangun rumah awal – sekarang ini sudah tidak asing lagi yang namanya perumahan yang memberikan penawaran dengan berbagai desain yang begitu menarik. Rata-rata rumah yang berada di perumahan itu kurang sesuai dengan kebutuhan kita, sehingga banyak orang yang memilih membangun rumah sendiri dari awal.

Membangun rumah dari awal bisa dibilang gampang gampang susah, apalagi tidak memiliki pengalaman membangun rumah. Tetapi membangun rumah dari awal menjadi hal yang menarik dan menantang karena hasilnya lebih memuaskan dibanding kita membeli rumah yang sudah jadi.

Nah, pada artikel ini akan kami bahas 10 tips membangun rumah dari awal untuk memberikan pandangan tentang apa saja yang harus kita siapkan dan langkah apa yang meski kita jalankan untuk membangun rumah dari nol. Dengan langkah yang benar, Kalian akan dengan mudah membangun rumah impian Anda dan terhindar dari masalah yang membuat Anda pusing dan tidak menghabiskan waktu dan tenaga.

1. Memilih Lokasi Yang Tepat

Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih lokasi yaitu dekat dengan lokasi kerja, pasar, sekolah, dan pusat dunia. Apabila usia lebih dari 50 tahun, faktor kenyamanan dan keasrian tempat tinggal akan menjadi pertimbangan utama.

Selain itu, saat memilih lokasi rumah, perlu dilihat juga perkembangan nilai jualnya. Sebenarnya investasi properti tidak akan menurunkan nilai jualnya.
Membangun rumah yang dekat dengan pusat keramaian kemungkinan besar berkembang pesat. Tapi harga tanahnya sudah pasti mahal. kalo budgetnya cukup, gak ada masalah. Jika budget pas-pasan, sudah banyak developer yang menawarkan lokasi rumah di dekat kota dengan harga yang bisa kita jangkau.

Tetapi, harus lebih hati-hati bila ingin membeli tanah di dekat kota. Pastikan tanah tersebut memiliki akses jalan serta infrastruktur yang cukup baik.

2. Menyiapkan dana untuk membangun rumah

ketika hendak membangun rumah dari awal, Kalian harus menyiapkan biaya cadangan sekitar 10% dari biaya keseluruhan yang akan direncanakan. Untuk mencegah ‘membengkaknya’ biaya karena harga bahan bangunan yang terus naik.

Tetapi, jika dana kalian terbatas karena kebutuhan ruang yang banyak, kalian bisa membangunnya dengan bertahap memakai konsep rumah tumbuh.
Rumah tumbuh adalah Rumah yang dari awal sudah direncanakan agar dapat dibangun secara bertahap sesuai kesanggupan biaya pemilik rumah, serta mana yang menjadi prioritas utama.

Yang dimaksud pertumbuhan disini bisa berupa penambahan luas tanah bangunan ke depan,samping, ataupun penambahan lantai bangunan, karena terbatasnya luas tanah yang ada.

Untuk jenis rumah tingkat, bantal rumah harus disiapkan dari awal karena untuk menahan beban lantai tambahan yang sudah direncanakan.

3. Mencari Wawasan tentang model dan Desain Rumah

Langkah selanjutnya kalian harus mencari wawasan mengenai gaya bangunan, desain, serta tren bangunan terkini.

Dengan memiliki wawasan yang luas, Kalian mempunyai banyak pilihan dan ide kreatif untuk membangun rumah kalian.

4. Bikin rincian Keperluan Jangka Pendek, Menengah, dan Panjang

Saat membangun rumah dari awal, terutama pasangan muda, kebutuhan jangka pendek kalian hanya sebuah kamar tidur dan ruang pendukungnya. kemudian, ruangan di rumah Anda akan bertambah seiring berjalannya wakti, seperti adanya ruang kerja, mushola dan garasi.
Maka dari itu kalian perlu menghitung rencana penambahan keluarga ke dalam daftar kebutuhan jangka menengah.
Sama seperti nilai tambah jual tanah saat menentukan lokasi, begitu pula saat merancang rumah harus merancang matang-matang. Dalam jangka panjang, rumah kalian bisa meningkat hebatnya, Supaya jika kalian ingin pindah rumah atau menjual, rumah kalian bisa tinggi nilai jualnya. Itulah alasannya, kalian wajib menentukan desain rumah yang sesuai dengan model sekarang serta bangunan yang kuat dan tahan lama.

5. Cari Referensi Model Rumah yang menarik

Tawaran dan referensi untuk model rumah memang banyak yang menarik dan indah. Tapi, model rumah yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan serta keinginan kalian tidak?.

Tidak hanya dilihat dari tampilan luarnya saja, tetapi setiap ruangannya sesuai dengan keperluan dan karakter anggota keluarga. Ketika membangun rumah, bentuk bangunan dan ruangan yang ada sebaiknya sesuai dengan fungsinya. sehingga kalian membangun rumah hasilnya sesuai harapan kalian.

6. Pakai jasa Arsitek

Jasa arsitek yang handal merancang desain rumah yang Anda inginkan dapat diperoleh dari media sosial, atau referensi dari kawan Anda. Sekarang ini mencari jasa arsitek serta desainer interior telah menawarkan jasanya secara online.

7. Cari Kontraktor berpengalaman untuk membangun rumah

Kontraktor memiliki peran yang sangat penting untuk mewujudkan keinginan memiliki rumah. Jadi, berhati-hatilah saat memilih kantor pos yang berpengalaman dan terpercaya. Kalian bisa mencari informasi mengenai pelabuhan yang akan kalian pakai, bisa tanya langsung ke orang yang pernah memakai jasa pelabuhan tersebut.

Kalian wajib membuat perjanjian secara tertulis dengan detail dan jelas tentang rincian pekerjaan, bahan yang digunakan, waktu, biaya, serta sanksi jika pekerjaannya tidak sesuai dengan perjanjian.

8. Merenovasi Rumah yang Lama

Kadang kadang membuat rumah dari awal bukan pilihan yang tepat. Bila kalian sudah memiliki rumah, kalian bisa merenovasi rumah kalian kembali. Dengan memakai jasa arsitek yang handal, anda dapat merubah model rumah yang lama menjadi baru sesuai dengan selera yang anda inginkan serta dapat meminimalisir budget untuk keperluan yang lain.

9.Perhatikan instalasi Mekanikal, Elektrikal dan Perpipaan (MEP)

Ketika membangun rumah, satu hal yang kadang lupa yaitu mengenai instalasi mekanikal, elektrikal, dan perpipaan/plumbing (MEP). Hal ini sangat penting sekali supaya rumah kalian bisa dipakai dengan nyaman tanpa ada rasa khawatir. Tentu kalian ingin menempati rumah yang bagus dan menarik dengan fasitas listrik dan air yang tidak ada masalah.
Biasanya kontraktor bangun rumah sudah memahami soal MEP dan memasukkan rencana serta perhitungan instalasi MEP rumah Anda dalam keseluruhan proyek. Akan tetapi, Anda sangat direkomendasikan untuk mengecek desain dan rencana tersebut. Jangan sampai sistem MEP rumah Anda tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hal yang biasanya terjadi ketika rumah sudah jadi adalah kalian susah mencari colokan listrik untuk menyalakan kipas angin atau mengisi baterai hp. Sehingga, harus menambah atau membongkar dinding lagi. Tentu ini akan menambah biaya karena pekerjaan yang kurang sempurna. Alangkah baiknya kalian pastikan terlebih dahulu desainnya secara matang supaya tidak ada lagi pekerjaan bongkar pasang. Bila anda menemukan hasil yang kurang maksimal, sebaiknya berkonsultasi dengan jasa konsultan MEP agar rumah anda bener bener aman.

10. Mengurus Izin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG – dulu IMB)

Sebelum membangun rumah sebaiknya kalian mengurus izinnya terlebih dahulu. Sebab jika Izin bermasalah maka akan berakibat fatal bagi keseluruhan proses berikutnya, bahkan bisa mengakibatkan kegagalan dan kita akan rugi. Pastikan ketika pengurusan ijin sesuai dengan prosedur resmi. Jangan pernah mengambil jalur belakang atau menggunakan calo nakal.

Jadi, membangun rumah dari awal bukan lagi masalah yang sulit. sesuatu yang sudah di rencanakan kebutuhannya, akan memudahkan kalian saat membangun rumah.

About admin

Check Also

akademi crypto

Akademi Crypto, Pilihan Untuk Pemula Millenial

Akademi Crypto berencana akan memberikan kamu tutorial terkait investasi kripto khususnya untuk para milenial biar …