Tips Camping Untuk Pemula

Tips Camping Untuk Pemula. Camping ialah satu aktivitas yang di lakukan atau di adakan di alam terbuka, pegunungan maupun hutan dengan tenda sebagai rumah sementara. Aktivitas kemping mempunyai keterikatan yang kuat dengan kepramukaan, pencinta alam. Selain itu camping juga menjadi pilihan alternative ketika melakukan penelitian di hutan.

Akhir akhir ini camping menjadi pilihan wisata keluarga yang banyak diminati. Selain karena biayanya murah camping juga memiliki pengalaman unik tersendiri.

Pengertian camping

Camping berasal dari salah satu bahasa inggris yang memiliki arti atau makna yaitu tinggal di sebuah tenda. Ketika kita pergi ke suatu tempat kemudian kita beristirahat di sebuah tenda itulah yang di namakan camping.

Aktifitas camping

Biasanya orang melakukan camping dengan bermalam di suatu tempat yang sangat nyaman. Seperti di dekat curug, di pegunungan dengan pemandangan yang indah, bisa juga di tepi danau.

Namun untuk pelajar biasanya diadakan di lapangan terbuka.

Saat camping kita harus menyiapkan makanan sendiri, atau bisa juga membeli di warung sekitar jika ada yang menjual makanan. Namun sensasinya kurang berkesan bila kita tidak masak sendiri.

Baca Juga: Aplikasi booking hotel paling laris

Tujuan camping

Untuk keluarga camping bisa menjadi salah satu cara melepas penat setelah beberapa hari melakukan aktifitas yang padat.

Untuk kalangan pelajar camping mempunyai tujuan sebagai berikut:

  1. Membangun kerjasama dan persaudaraan yang kuat
  2. Mendapat pengalaman dan memiliki rasa kepedulian terhadap alam
  3. Melatih tanggungjawab
  4. Merasakan bagaimana hidup dengan sederhana
  5. Melatih kemandirian karena jauh dari orang tua

Dan masih banyak lagi manfaat yang akan didapat ketika mengikuti kegiatan camping.

Apa saja yang diperlukan saat camping

Sebelum kita berangkat camping sebaiknya kita siapkan segala sesuatunya agar saat sampai di lokasi kita tidak kebingungan. Karena lokasi camping biasanya jauh dari toko atau warung, kalaupun ada pasti harganya mahal.

Berikut yang harus disiapkan sebelum camping

  1. Tenda
  2. Peralatan masak
  3. Peralatan makan
  4. Perlengkapan tidur
  5. Pakaian ganti
  6. Bahan bahan makanan

Selain beberapa peralatan yang harus disiapkan, yang paling penting adalah kondisi kesehatan, karena camping di luar ruangan maka kesehatan kalian harus diperhatikan. Jangan memaksakan diri jika kalian kurang fit atau lagi kurang sehat.

Saat ini ada beberapa tempat camping yang menyewakan perlengkapan diatas, jadi kalian tinggal pilih alat apa saja yang ingin di sewa. Dan harganya pun berbeda-beda tergantung lokasi. Jika ingin lebih hemat sebaiknya kita siapkan sendiri dari rumah, jadi sampai lokasi kita tinggal bayar retribusi masuk kawasan camping.

 

Manfaat camping

Saat camping kita bisa melihat salah satu karya Sang Pencipta yang begitu indah. Ini akan menambah rasa syukur kita kepada Allah SWT atas fasilitas yang diberikan kepada makhluknya. Selain itu kita juga belajar bagaimana mencintai alam agar tetap lestari.

Baca Juga; 5 tempat wisata terindah di indonesia

Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk camping?

Banyak tempat tempat untuk camping, tinggal browsing di internet kalian akan menemukan tempat camping di sekitar tempat tinggal kalian. Menghirup udara segar dan menjauh dari kebisingan akan membuat jiwa menjadi tenang.

Itulah tadi uraian singkat mengenai tips camping untuk pemula, semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

About admin

Check Also

Tempat Camping Di Kuningan Yang Wajib Dikunjungi

Jawa Barat sangat dikenal dengan panorama alamnya yang indah. Tidak heran bila banyak tempat camping …