Pangandaran yang memukau

Pangandaran merupakan tempat wisata yang terletak di bagian tenggara Provinsi Jawa Barat. Jaraknya kurang lebih 200 KM dari kota Bandung dan berbelok langsung dengan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. teman teman saat ingin berwisata atau berlibur tentu punya cara tersendiri bukan? Sebelum liburan tentu kita harus mempersiapkan mulai dari memesan pesawat sampai menginap di hotel berbintang! atau teman-teman bisa memilih dengan cara baru, seperti backpacker.
tentu ini sangat seru sekali serta penuh kenangan dan tantangan? Banyak sekali tips-tips untuk berlibur ke pangandaran, berikut ini beberapa tips kalau kita ingin berlibur dengan cara backpaker ke pangandaran :

1. Cari Info Sebisa Mungkin mengenai pangandaran

Tidak ada salahnya sebelum teman-teman akan berlibur ke tempat wisata, Silahkan mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan referensi, contohnya teman-teman bisa mencari di website atau browsing dari google dan yang lainnya. Supaya teman-teman bisa membuat rencana kunjungan wisata dengan persiapan yang maksimal.

2. Mengunjungi Wisata Unggulan

Untuk menikmati liburan di Pangandaran agar sesuai ekspektasi teman-teman harus jeli, mengingat banyaknya objek wisata yang banyak banget.
Jadi di Pangandaran harus memilih objek wisata yang akan dikunjungi, traveler sejati harus memilih objek mana saja yang akan dikunjungi. Serta disarankan mengunjungi objek wisata yang membuat sahabat penasaran, seperti Green Canyon yang terkenal dengan keindahan alamnya, Citumang, Goa Lanang, Santirah, Margacinta, Jojogan, Curug Bojong, Karang Nini, Batu Karas, Batu Hiu, dan sebagainya.

3. Menggunakan Transportasi Umum

Seorang traveler, tentunya sudah tau bagaimana cara menemukan transportasi menuju ke tempat wisata dengan biaya murah dan nyaman.
Teman-teman bisa menggunakan bus untuk menuju ke Pangandaran. jika ingin menggunakan transportasi umum yang satu ini teman-teman bisa naik dari terminal-terminal pemberangkatan.
Banyak sekali armada bus yang melayani dari bermacam-macam daerah, contohnya ada Bus Merdeka dari Terminal Lebak bulus, Sukabumi, armada Bus Budiman dari terminal Rambutan, Bekasi, Tangerang, Bandung, serta dari kota-kota besar yang lainya di Jawa Barat dan Jawa Tengah , ada juga Bus Gapuraning Rahayu yang akan melayani dari Jakarta di terminal Kampung Rambutan.

Tidak hanya menggunakan Bus saja untuk ke Pangandaran, teman-teman juga bisa menggunakan angkutan kereta api. Tetapi hanya sampai stasiun Banjar, dari stasiun ini teman- teman bisa naik bus angkutan umun 3/4 atau elp untuk sampai pangandaran. Sehingga transportasi umum tersebut sesuai sama kantong Backpacker dan traveler sejati.
Untuk menuju Pangandaran disarankan berangkat di pagi hari, karena perjalanan jauh, jadi sore hari kita bisa mencari tempat penginapan dan beristirahat untuk mengumpulkan tenaga untuk eksplorasi wisata Pangandaran keesokan harinya.

4. Sewa Kendaraan Harian

Mengingat tempat wisata di Pangandaran itu berjauhan dengan tempat wisata lain, maka teman-teman harus sewa kendaraan. Karena angkutan umum masih sangat terbatas dan tidak bisa menjangkau setiap objek wisata. Bagi para traveler disarankan untuk sewa sepeda motor. Jangan khawatir teman-teman karena tarif sewa sepeda motor disini sangat murah kok, mulai 50 ribu teman-teman sudah bisa mengelilingi objek wisata pangandaran sepuasnya seharian penuh.

5. Cari Penginapan Murah dan Nyaman

Sampai di Pangandaran Teman-teman pasti butuh tempat untuk beristirahat, jangan khawatir disini banyak penginapan dengan harga sesuai budget traveler atau Backpaker,mulai Rp. 75 ribu/malam. Tentunya tidak sedikit penginapan murah dengan keadaan nyaman pastinya. Ada trik anti mainstream untuk meghemat Biaya yaitu dengan menginap di rumah penduduk, tapi harus ijin ketua RT atau RW setempat.

6. Cari Rumah Makan Murah dan Enak

Selain menikmati pemandangan, memanjakan perut juga perlu diperhatikan saat berlibur di Pangandaran. Menikmati makanan laut bisa menjadi menu favorit pilihan teman-teman, caranya datangi nelayan yang baru naik dari laut, beli ikannya, serta di masak atau di olah sesuai kemauan. Seafood segar siap santap. dan masih banyak pilihan lain, untuk mengirit biaya liburan seperti mampir di warung-warung warga sekitar yang banyak di pinggir jalan menuju objek wisata, terutama di daerah wisata rafting, makanan khas kampung yang nikmat dan murah.

7. Mencari Oleh-Oleh

Tidaklah lemgkap rasanya kalau kita berkunjung ke suatu tempat bila tidak membawa oleh-oleh. Teman-teman bisa kunjungi pusat oleh-oleh, dan yang pasti akan dikasih harga yang jauh lebih murah, karena belum sampai ke tangan pedagang, tidak hanya itu, teman-teman juga bisa mendapatkan ilmu bagaimana cara membuatnya. Misal mau oleh-oleh Jambal Roti, teman- teman bisa mengunjungi tempat produksinya, begitu juga dengan kerajinan tangan, atau makanan ringan seperti rengginang atau opak khas pangandaran.

Itulah beberapa tips liburan ke Pangandaran ala backpacker.

Semoga bermanfaat, Selamat berlibur!

About admin

Check Also

wisata terindah

5 tempat wisata terindah di Indonesia

wisata terindah di Indonesia memang sangat menarik karena Indonesia berada di wilayah khatulistiwa. Mulai dari …