Cara Menambah RAM HP

Cara menambah RAM HP Android sebenarnya mudah. Ada sebagian tata cara yang bisa kalian lakukan buat menaikkan kapasitas RAM di HP Android. RAM sendiri ialah komponen hp yang khasiatnya sebagai penyimpanan memori.

Komponen tersebut mempunyai pengaruh yang besar pada performa ponsel saat kalian gunakan. Ya, kapasitas RAM ponsel yang kecil bisa jadi hendak mengusik aktivitas kalian.

RAM kecil menjadikan Kalian kesulitan untuk menggunakan banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Kinerja pula aplikasi jadi lelet maupun lemot. Sehingga, RAM ini memiliki peranan berarti pada HP Android.

Tata cara Menambah RAM HP Android, Mudah dan Cepat

Random Access Memory (RAM) maksudnya adalah untuk menyimpan memori aplikasi maupun sistem operasi yang sedang berjalan. Memori yang tersimpan di dalam RAM sifatnya sebaliknya.

Kala aplikasi maupun ponsel Kalian matikan, sampai memori di dalam RAM bakal terhapus. RAM pada HP Android tidak dapat ditambah.

Pasalnya, komponen RAM ini langsung ditanam pada mainboard. Apabila Kalian memiliki ponsel Android dengan kapasitas RAM kecil, tata cara terbaik yakni membatasi aplikasi yang berjalan pada latar balik serta membutuhkan banyak kapasitas memori RAM.

Nah, berikut ini sebagian tata cara buat memperluas kapasitas RAM pada ponsel Android.

Hapuslah Aplikasi yang Membutuhkan Kapasitas RAM Banyak

Terus jadi banyak aplikasi yang kalian instal, makin banyak pula aplikasi yang berjalan di latar belakang. Masing-masing aplikasi memiliki kebutuhan kapasitas memori yang berbeda-beda.

Apabila Kalian ingin menaikkan kapasitas RA, silahkan hapus saja aplikasi yang tidak sering Kalian pakai. Tata cara menghapusnya adalah dengan menginstal.

Baca Juga; cara mengatasi whatsapp eror

Tata cara menaikkan RAM HP Android dengan uninstall aplikasi adalah sebagai berikut:

1. Masuk pada menu SettingManage Apps

2. Selanjutnya memilah aplikasi yang hendak kalian uninstal

3. Saat sebelum uninstall, bilas lebih dulu memori aplikasi dengan tata cara klik Clear Cache dan User Data

4.Setelahnya memilah Uninstall

Pakai Aplikasi Cleaner

Tata cara menaikkan RAM HP Android berikutnya yakni dengan menginstal aplikasi pihak ketiga bernama Cleaner. Biasanya, aplikasi ini sudah terinstal sebagai aplikasi default maupun bawaan pada berbagai merek hp.

Aplikasi Cleaner ini gunanya yakni untuk menghapus memori cache aplikasi serta aplikasi yang memakan kapasitas RAM ponsel. Aplikasi ini juga mampu mengidentifikasi aplikasi apa saja yang lagi berjalan di latar balik.

Dengan kalian mengklik tombol bilas RAM, sampai secara otomatis aplikasi tidak berarti serta memakan RAM yang akan dinonaktifkan.

Fitur satu ini pula bisa memperbaiki HP yang ngelag maupun lemot. Dengan mengenakan aplikasi Cleaner, Anda dapat meningkatkan kapasitas RAM tanpa root.

baca juga : kegunaan chat bot whatsapp

Matikan Aplikasi Bawaan

Aplikasi bawaan Google serta brand pula bisa memakan kapasitas RAM. Sebetulnya, tidak segala aplikasi bawaan tersebut berguna.

Terkadang, terdapat sebagian aplikasi yang tidak sering kalian pakai, namun tetap berjalan di latar belakang. Namun sayangnya, apalikasi bawaan kalian tidak bisa di uninstal.

Tata cara salah satunya yakni dengan membatasi aktivitas aplikasi bawaan dengan menggunakan fitur Disable. Fitur Disable bakal mematikan aplikasi bawaan yang berjalan pada latar belakang.

Tata cara satu ini cukup ampuh buat bisa menaikkan kapasitas RAM pada HP Android Kalian. Berikut langkah- langkahnya:

1. Masuklah ke aplikasi Play Store setelah itu klik Ikon Profile Picture

2. Selanjutnya memilah menu Help& Feedback dan pada kolom pencarian ketikkan Disable App

3. Klik link Tap to go to Application Settings setelah itu memilah aplikasi yang dapat Kalian Disable

4. Sehabis itu klik tombol Disable

baca juga: cara mengatasi sinyal wifi

Pakai Fitur Extended RAM

Sebagian HP keluaran terbaru menyematkan fitur bernama Extended RAM. Fitur satu ini memiliki tata cara kerja yang sama semacam virtual RAM pada laptop maupun komputer.

Dengan memakai fitur ini, sampai sebagian kapasitas ROM hendak ditukar jadi RAM.

Dengan fitur Extended RAM, sampai kapasitas RAM pada HP Android Kalian bisa ditambah.

Kurangi Widget dan Live Wallpaper

Terdengar sederhana memanglah, namun tata cara menaikkan kapasitas RAM pada ponsel ini wajib buat Kalian coba. Sebabnya, mengurangi widget dan live wallpaper terbukti efektif menjadikan kapasitas RAM sedikit lebih luas.

Widget serta live wallpaper, kedua fitur ini lebih dulu memanglah sangat memakan kapasitas RAM. Biasanya, widget tetap melakukan refresh secara otomatis.

Sebaliknya, live wallpaper tetap aktif pada saat layar menyala. Tidak cuma memakan kapasitas RAM, kedua fitur ini pula menjadikan tenaga baterai ponsel kilat habis. Oleh karena itu, lebih baik kurangi mengkonsumsi widget maupun live wallpaper di ponsel Kamu

Itulah tadi uraian singkat cara menambah ram hp, semoga bermanfaat.

About admin

Check Also

gaji kpps 2024

Gaji Anggota KPPS 2024 Mengalami Kenaikan

Gaji Anggota KPPS 2024. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati telah menetapkan pendapatan Kelompok Penyelenggara …